Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

15.000 Rumah di Jawa Tengah Nikmati Pasang Listrik Gratis

15.000 Rumah di Jawa Tengah Nikmati Pasang Listrik Gratis Kredit Foto: PLN
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memberikan bantuan penerangan listrik gratis melalui Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) kepada 15.000 rumah tangga tidak mampu di Jawa Tengah. 

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Jisman Hutajulu mengatakan, program BPBL merupakan wujud hadirnya negara di tengah masyarakat tidak mampu yang membutuhkan bantuan penerangan listrik.

"Kabupaten Banyumas akan mendapatkan 2.495 sambungan rumah tangga yang tersebar di 26 kecamatan, dan hingga 29 September 2023 telah tersambung sebanyak 1.431 rumah tangga yang tersebar di 22 kecamatan" ujar Jisman dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa (10/10/2023). 

Baca Juga: Kementerian ESDM Programkan Penyediaan Rice Cooker Bagi Rumah Tangga

Jisman mengatakan, selain untuk meningkatkan rasio elektrifikasi Program BPBL juga diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup dan kemandirian masyarakat. 

"Dengan memiliki akses listrik sendiri, masyarakat penerima manfaat BPBL diharapkan tidak lagi tergantung penyediaan listrik dari tetangga," ujarnya. 

Lanjutnya, Jisman menyebut bahwa program BPBL dapat mengurangi susut jaringan dari penarikan-penarikan sambungan dari tetangga yang tidak sesuai dengan ketentuan.

"Sambungan listrik yang tidak sesuai dengan kaidah keselamatan ketenagalistrikan tentu sangat berbahaya, karena seperti yang kita ketahui, listrik selain bermanfaat namun juga berbahaya," ucapnya. 

Sementara itu, Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto mengatakan program BPBL merupakan program pemerintah yang ditujukan kepada masyarakat yang kurang mampu.

"Listrik sudah menjadi kebutuhan masyarakat, maka saya sebagai wakil dari masyarakat akan meneken anggaran apabila di dalam anggaran tersebut ada program untuk masyarakat yang kurang mampu," ujar Sugeng.

Direktur Distribusi PT PLN (Persero) Adi Priyanto menyampaikan bahwa PLN berkomitmen dan sangat mendukung program pemerintah untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, salah satunya dengan pemerataan akses dan percepatan penyediaan tenaga listrik dalam bentuk Program BPBL.

"PLN bersama dengan mitra kerja bersinergi dan berkolaborasi melaksanakan tugas mulia dari pemerintah melalui Kementerian ESDM," ujar Adi.

Baca Juga: Kementrian ESDM Dukung Skema KPBU dalam Usaha Ketenagalistrikan

Baca Juga: Kominfo Ajak Masyarakat Waspadai Jeratan Investasi dan Pinjol Ilegal, Begini Ciri-cirinya

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Djati Waluyo
Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: