Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Negara Kepulauan Rentan Krisis Iklim, Menlu Retno: Indonesia Siap Jadi Garda Terdepan!

Negara Kepulauan Rentan Krisis Iklim, Menlu Retno: Indonesia Siap Jadi Garda Terdepan! Kredit Foto: Kemenlu
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi hari ini memimpin Pertemuan Tingkat Menteri ke-5 dari Archipelagic and Island States Forum (AIS Forum), yang dihadiri oleh 30 negara dan 3 organisasi internasional.

Dalam kesempatan itu, Retno menyampaikan bahwa KTT AIS Forum 2023 ini merupakan perwujudan komitmen Indonesia sebagai negara kepulauan dan negara maritim.

"Sebagai negara kepulauan terbesar, Indonesia berkomitmen untuk berada di garda terdepan dalam upaya menghadapi tantangan bersama," ungkapnya, dalam sesi doorstop, Selasa (10/10/2023).

Baca Juga: Kemlu RI Minta 6 Juta WNI di Luar Negeri Jadi Aset Pembangunan Nasional

Apalagi, Retno menyampaikan, sebagaimana diketahui bahwa negara-negara kepulauan adalah negara-negara yang paling rentan terhadap dampak perubahan iklim.

"Kita tahu perlu sebuah forum yang inklusif yang difokuskan untuk mencari solusi yang inovatif dalam menghadapi berbagai tantangan global tersebut, sekaligus mendorong tercapainya SDGs, terutama SDGs 14 yang terkait dengan laut," ujarnya.

Lebih lanjut, Retno mengatakan, dirinya beberapa kali bicara di dalam berbagai pertemuan bahwa capaian tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) secara global sangat memprihatinkan. 

Dia mengungkapkan, di pertengahan 2023 saat ini, capaian rata-rata SDGs masih di angka masih 12%. Sementara, 2023 ini sudah di tengah perjalanan menuju 2030. 

"Dan kita (Indonesia) kalau angka kita, jauh lebih baik daripada angka dunia. Jadi, kerja sama AIS ini juga ditujukan untuk membantu, berkolaborasi dalam konteks pencapaian SDG 14," kata Retno.

"Dan dalam kaitan inilah, maka AIS forum juga digunakan Indonesia untuk membantu pencapaian SDG 14 bagi negara-negara kepulauan dan pulau," sambungnya.

Baca Juga: Wakili ASEAN di PBB, Retno Marsudi Tegas: Musnahkan Senjata Nuklir Sampai Habis!

Baca Juga: Kominfo Ajak Masyarakat Waspadai Jeratan Investasi dan Pinjol Ilegal, Begini Ciri-cirinya

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Alfida Rizky Febrianna
Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: