Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bakal Dihadiri Para Kiai Sepuh & Presiden RI, Perhelatan Ijazah Kubro Pagar Nusa Dipastikan Aman

Bakal Dihadiri Para Kiai Sepuh & Presiden RI, Perhelatan Ijazah Kubro Pagar Nusa Dipastikan Aman Kredit Foto: Mochamad Ali Topan
Warta Ekonomi, Surabaya -

Pimpinan Pusat Pagar Nusa M Nabil Haroen menyatakan bahwa pelaksanaan Ijazah Kubro akan dihadiri puluhan kiai sepuh untuk memberikan doa seperti, KH Mustofa Bisri (Rembang), Kiai Miftahul Achyar (Rais ‘Aam PBNU), KH Said Aqil Siroj (Jakarta), Kiai Anwar Mansur (Lirboyo, Kediri), KH Nurul Huda Jazuli (Ploso, Kediri), Habib Luthfi bin Yahya (Pekalongan), dan KH Yahya C Staquf (Ketua Umum PBNU).

Selain itu, sebut dia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan jajaran menteri, serta Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan jajarannya bakal ikut hadir dalam perhelatan akbar tersebut.

Nabil bilang, perhelatan Ijazah Kubro juga akan dihadiri sekitar 25 ribu pendekar, kader Pagar Nusa, dan warga Nahdliyyin. Acara yang bertepatan dengan momentum Hari Santri Nasional 2023 akan menjadi agenda kolosal dan monumental pada 22 Oktober 2023 di Lapangan Bumi Moro nanti.

Baca Juga: Ketum PBNU Serukan Warga NU dan Umat Islam Gelar Shalat Ghaib

“Agenda Ijazah Kubro Pimpinan Pusat Pagar Nusa ini merupakan agenda lima tahun sekali. Kami selenggarakan sebelumnya di Cirebon pada 2018 lalu, dan pada tahun ini di Surabaya. Agenda Ijazah Kubro ini juga akan dirangkai dengan Pengukuhan Pimpinan Pusat Pagar Nusa. Jadi, ini agenda yang sangat sakral,” terang Nabil yang didampingi Ketua Panitia Ijazah Kubro dan Pelantikan Pimpinan Pusat Pagar Nusa Letjen TNI (Purn) Ganip Warsito di Foodies Gallery, Surabaya, Kamis (19/10/2023). 

Wakil Ketua Hari Santri PBNU ini juga menjelaskan bahwa agenda Ijazah Kubro bakal menjadi rangkaian penting dari perayaan Hari Santri Nasional yang diselenggarakan oleh PBNU. 

“Jadi, ada rangkaian Kirab Hari Santri dari Banten hingga Surabaya, upacara hari santri, beberapa lomba, gebyar salawat, dan beberapa agenda lainnya,” terang Nabil.

Sementara itu, Ketua Panitia Ijazah Kubro dan Pelantikan Pimpinan Pusat Pagar Nusa, Letjen TNI (Purn) Ganip Warsito menyampaikan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan lintas pihak untuk mempersiapkan Ijazah Kubro ini.

“Kami sudah berkoordinasi dengan para pihak untuk persiapan teknis agenda ini, mulai dari koordinasi dengan Paspampres untuk kehadiran Presiden RI dan jajaran, juga beberapa untuk persiapan teknis dan pengamanan. Kami juga berkoordinasi intensif dengan tim PBNU agar semua persiapan menjadi sinkron dengan arahan Ketua Umum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf,” ungkap Ganip.

Lebih lanjut, Ganip mengajak semua pihak untuk menyukseskan rangkaian agenda Hari Santri Nasional tahun 2023, Ijazah Kubro, dan Pelantikan Pimpinan Pusat Pagar Nusa Nahdlatul Ulama.

“Kami berharap pelaksanaan Ijazah Kubro dan Pelantikan Pimpinan Pusat Pagar Nusa Nahdlatul Ulama berjalan aman karena didukung oleh instansi terkait,” harap Ganip.

Baca Juga: Pimpinan Tertinggi PBNU soal Capres/Cawapres Pilihan Warga Nahdiliyyin: Tunggu Komando! Jangan Sendiri-Sendiri, Jangan Ngecer

Baca Juga: Konsisten dalam Pengembangan Energi Baru Terbarukan, Pertamina Group Ini Gaet Penghargaan IGA 2024

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Mochamad Ali Topan
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: