Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sebanyak 20 Pelaku Usaha Kuliner Indonesia Ikuti Pitching Day Indostar 2003

Sebanyak 20 Pelaku Usaha Kuliner Indonesia Ikuti Pitching Day Indostar 2003 Kredit Foto: Kemenparekraf
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sebanyak 20 pelaku usaha kuliner Indonesia di luar negeri mengikuti pitching day sebagai tahapan lanjutan program Indonesian Restaurant Fundraising (Indostar) 2023 yang diselenggarakan secara daring pada Sabtu, 4 November 2023.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan Indostar 2023 bertujuan menjembatani para pelaku usaha kuliner untuk memperoleh ide pengembangan bisnis kuliner, akses permodalan/pembiayaan, hingga memperluas jaringan usaha.

"Indostar merupakan salah satu tindak lanjut atas arahan Presiden RI dalam peluncuran program 'Indonesia Spice Up the World' pada 4 November 2021 untuk memasarkan keunggulan rempah-rempah Indonesia, memperluas etalase kuliner Indonesia di luar negeri, dan mengembangkan diplomasi kuliner Indonesia agar dicari dan digemari oleh masyarakat dunia," kata Menparekraf Sandiaga dalam keterangannya, Senin (6/11/2023).

Baca Juga: Demi Bisnis Kuliner Mendunia, Ini Strategi Pemerintah Indonesia

Indostar merupakan platform akses pembiayaan pertama bagi pengembangan bisnis restoran Indonesia di luar negeri, meliputi pelatihan dan pendampingan yang terstruktur dan masif agar usaha bisa scale up dengan lebih pesat dan siap mendapatkan pembiayaan dari calon investor serta sebagai bentuk kolaborasi skema pendanaan perbankan maupun non-perbankan.

Pelaku usaha kuliner Indonesia di luar negeri diharapkan dapat meningkatkan kolaborasi antara para pelaku usaha, investor, dan pemerintah untuk terus mengangkat kuliner Indonesia di mata dunia melalui pengembangan jaringan restoran Indonesia di luar negeri.

Dalam kesempatan tersebut Menparekraf Sandiaga juga berdialog dengan para pelaku usaha kuliner, di antaranya Rempah Restaurant dari Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, untuk berdiskusi mengenai pengembangan bisnis dan mendengarkan ide serta masukan langsung dari para pelaku usaha kuliner.

Indostar 2023 diikuti oleh 68 pelaku usaha restoran Indonesia di berbagai negara yang kemudian mengikuti berbagai tahapan. Mulai dari seleksi, pendampingan, mentoring, dan inkubasi selama 5 bulan hingga kemudian terpilih 20 peserta yang telah memenuhi kategori ready to pitching pada pelaksanaan IndoStar Pitching Day 2023.

Indostar Pitching Day 2023 ini bertepatan dengan 2 tahun dicanangkannya program nasional Indonesia Spice Up the World.

Baca Juga: Sate Buntel Pak Haji Bejo Solo: Menjaja Kuliner Nusantara di Festival Jajanan Bango 2023

Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf, Rizki Handayani, mengatakan pendanaan dari para investor melalui IndoStar Pitching Day 2023 diharapkan dapat mendorong pengembangan bisnis peserta serta dapat meningkatkan kemampuan peserta dalam hal komunikasi, riset, problem solving, kreativitas dan public speaking dalam upaya pengembangan bisnis.

"Kegiatan ini adalah media yang baik untuk berkolaborasi, berbagi ide, dan mengidentifikasi peluang untuk terus meningkatkan daya saing kuliner Indonesia di pasar dunia," kata Rizki Handayani.

Sejumlah nama besar para pelaku industri kuliner turut hadir dalam kegiatan ini sebagai mentor, seperti Widjiono Yono, Ravita Datau, para investor dari perbankan dan nonperbankan, seperti BNI, Bizhare, KoinWorks, venture capital, beberapa angel investor serta perwakilan institusi lainnya seperti, IGC, IGN, HIPPINDO, HIPMI, Marco Group, Aji Caraka Optima, dan masih banyak lainnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: