Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

IBM Kucurkan Dana Rp7,8 Triliun untuk Investasi di Perusahaan-Perusahaan AI, Apa Tujuannya?

IBM Kucurkan Dana Rp7,8 Triliun untuk Investasi di Perusahaan-Perusahaan AI, Apa Tujuannya? Kredit Foto: Shutterstock
Warta Ekonomi, Jakarta -

Perusahaan teknologi global, IBM, baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka mengucurkan dana sebesar US$500 juta (Rp7,8 triliun) untuk berinvestasi ke berbagai perusahaan yang fokus pada pengembangan kecerdasan buatan (AI).

Hal itu dilakukan mulai dari perusahaan rintisan (startup) yang masih berada di tahap awal sampai yang sudah berkembang pesat, yang berfokus pada percepatan teknologi dan penelitian AI generatif untuk perusahaan. Lantas apa tujuannya? 

Dilanasir dari keterangan resminya pada Rabu (8/11/2023), IBM melalui IBM Enterprise AI Venture Fund akan berinvestasi pada para pemimpin AI saat ini dan di masa depan yang membantu bisnis di seluruh dunia untuk mewujudkan potensi AI untuk bisnis.

Baca Juga: Lewat Akuisisi Equine Global, IBM Siap Ekspansi di Indonesia

Nantinya, dana ini akan memberikan kesempatan kepada setiap startup untuk mengembangkan kemitraan dengan IBM, sambil mendapatkan keahlian operasional dalam hal produk, teknik, dan strategi masuk ke pasar.

Dengan IBM Enterprise AI Venture Fund, perusahaan ini akan mengembangkan ekosistem kemitraan AI, termasuk bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan dan membangun watsonx, yakni perusahaan AI generatif dan data perusahaan yang dikembangkan IBM, dan menciptakan nilai jangka panjang bagi para pemimpin AI serta klien-klien baru dan yang sudah ada.

Senior Vice President Software dan Chief Commercial Officer IBM, Rob Thomas mengatakan, hadirnya IBM Enterprise AI Venture Fund dapat membuka jalur baru untuk memanfaatkan potensi besar AI. 

"AI dijadwalkan untuk membuka hampir US$16 triliun (Rp251.133 triliun) produktivitas pada tahun 2030. Dengan diluncurkannya IBM Enterprise AI Venture Fund, kami membuka jalur lain untuk memanfaatkan potensi besar revolusi AI menjadi hasil yang nyata dan positif bagi IBM dan perusahaan-perusahaan yang menjadi tempat kami berinvestasi," ujar Thomas yang dilansir pada Rabu (8/11/2023). 

Thomas melanjutkan, pendanaan tersebut merupakan cara IBM untuk menggandakan komitmen perusahaan terhadap inovasi AI yang bertanggung jawab. 

"Dana ini merupakan cara lain yang kami lakukan untuk menggandakan komitmen kami terhadap inovasi AI yang bertanggung jawab melalui watsonx dan membantu organisasi-organisasi dalam menerapkan teknologi transformasional ini,” pungkas Thomas. 

Baca Juga: Konsisten dalam Pengembangan Energi Baru Terbarukan, Pertamina Group Ini Gaet Penghargaan IGA 2024

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Nadia Khadijah Putri
Editor: Amry Nur Hidayat

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: