Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mudahkan Kebutuhan 6,74 Juta Peserta, Taspen Terus Lakukan Transformasi Digital

Mudahkan Kebutuhan 6,74 Juta Peserta, Taspen Terus Lakukan Transformasi Digital Kredit Foto: Taspen
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) atau Taspen berkomitmen untuk memberikan pelayanan andal bagi seluruh peserta melalui transformasi digital dan beragam inovasi layanan terkini. 

Direktur SDM dan Teknologi Informasi TASPEN Ovita Susiana Rosya menjelaskan bila pada tahun 2023, Taspen menghadirkan aplikasi Taspen Customer Digital Services (TCDS), yakni upaya rasionalisasi atau penyatuan seluruh aplikasi eksisting di Taspen, seperti Taspen Otentikasi, Taspen One Hour Online Service (TOOS) dan Taspen Care

Adapun beberapa layanan pada aplikasi TDCS, antara lain Taspen Services Management, Taspen Membership Management, Customer Care Support, Content Management, Document Repository Management dan Identity & Access Management, Taspen One Hour Online Service (TOOS) dan Taspen Care. Aplikasi TCDS menjadi sebuah aplikasi terintegrasi untuk mengakomodasi seluruh kebutuhan peserta dan meningkatkan kemudahan peserta dalam mendapatkan layanan. 

Baca Juga: Berkomitmen untuk Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Taspen Raih Penghargaan Indonesia CSR Summit 2023

“Penguatan teknologi digital yang agile, andal, aman dan terintegrasi untuk operasional perusahaan (layanan dan investasi) serta penguatan platform teknologi informasi agar tercipta Digital Ecosystem Taspen Group, semuanya tertuang dalam IT Master Plan Perusahaan dan mendasari Rencana Jangka Panjang Perusahaan, serta arahan manajemen yang tertuang dalam policy statement,” kata Ovita Susiana Rosya. 

Untuk mendukung pengoptimalan layanan bagi peserta, lanjut Ovita, TCDS menggunakan beberapa teknologi terkini, yakni Elektronic Know Your Customer (autentikasi wajah dan KTP), pemanfaatan teknologi biometric dan enrollment, reprogramming aplikasi menggunakan microservice teknologi terbaru, modul dan fitur yang sama untuk seluruh platfrom (android dan iOS), serta peningkatan app security

Selain itu, untuk menjamin keamanan dan kerahasiaan data peserta, TCDS menerapkan security improvement yang sudah bersertifikasi ISO 27001:2013 (sertifikasi standar internasional terkait keamanan informasi), seperti network security, data protection, identity management, endpoint protection, dan server security

“Tercatat hingga bulan Oktober 2023, Taspen memiliki 6,74 juta peserta, yang terdiri dari 3,68 juta peserta aktif dan 3,06 juta peserta pensiun.

Upaya rasionalisasi melalui aplikasi TCDS ini diharapkan dapat memudahkan kebutuhan peserta dan sebagai bentuk aktif TASPEN dalam menghadirkan inovasi digitalisasi yang sesuai dengan teknologi terkini,” kata Ovita Susiana Rosya. 

Baca Juga: Lewat Program ASN Housing dan TGPA, Taspen Group Tingkatkan Layanan ke ASN Kabupaten Karanganyar

Atas komitmen tersebut, Taspen meraih 2 penghargaan dalam ajang Indonesia Digital Innovation and Achievement Awards 2023 untuk kategori Best Digital Technology and IoT Implementation 2023 dan Best Chief Technology Officer (CTO) Indonesia Digital Innovation and Achievement Of The Year 2023 atas nama Direktur SDM dan Teknologi Informasi Taspen Ovita Susiana Rosya. 

Penghargaan diberikan oleh Ketua Penyelenggara Indonesia Digital Innovation and Achievement Awards 2023 Sukatna Pancamiharja kepada Direktur SDM dan Teknologi Informasi Taspen Ovita Susiana Rosya di Jakarta (8/11). 

“Suatu kebanggaan bagi Taspen untuk menerima dua penghargaan dalam kegiatan Indonesia Digital Innovation and Achievement Awards 2023 ini. Apresiasi tertinggi kami berikan kepada seluruh insan Taspen atas dukungan penuh dan  kerja kerasnya dalam melakukan transformasi digital yang turut meningkatkan produktivitas sebagai bagian dari inovasi layanan, sehingga dapat meningkatkan pelayanan dan memberikan kemudahan bagi para peserta Taspen. Penghargaan ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi Insan Taspen untuk terus meningkatkan pengembangan diri dan berupaya aktif menciptakan inovasi digitalisasi layanan Taspen yang sesuai dengan kebutuhan para peserta. Ke depan, Taspen akan senantiasa berupaya aktif untuk memberikan pelayanan andal bagi seluruh peserta di Indonesia,” tutupnya. 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: