Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Berkat Hyperlocal Tokopedia, UMKM Asal Bandung Ini Raih omset Hingga Ratusan Juta Rupiah

Berkat Hyperlocal Tokopedia, UMKM Asal Bandung Ini Raih omset Hingga Ratusan Juta Rupiah Kredit Foto: Tokopedia
Warta Ekonomi, Bandung -

Tokopedia melalui inisiatif Hyperlocal terus mendekatkan lebih dari 14 juta penjual, yang saat ini hampir 100%nya UMKM lokal termasuk dari Bandung, dengan pembeli terdekat agar UMKM lokal bisa memiliki peluang yang sama untuk bertumbuh dan berdaya saing.

Hyperlocal Tokopedia punya berbagai manifestasi, seperti Kumpulan Toko Pilihan (KTP) dan Dilayani Tokopedia. Salah satunya, UMKM Bandung yakni Produsen Jam Tangan Kekinian ‘Woodka’ Usung Kolaborasi dengan Perajin Kayu dan Manfaatkan Limbah Kayu yang berhasil meraih omset hingga ratusan juta rupiah. 

“Hyperlocal Tokopedia membawa dampak ekonomi yang positif. Rerata persentase pertumbuhan ekonomi di kota tanpa Hyperlocal Tokopedia tercatat 1,26%, sedangkan di kota dengan Hyperlocal Tokopedia angkanya lebih tinggi, yaitu 2,78%,” jelas Head of Communications Tokopedia (GoTo E-commerce), Aditia Grasio Nelwan kepada wartawan di Bandung, Kamis (23/11/2023).

“Tercatat pula berbagai kota dengan Hyperlocal Tokopedia yang memiliki peningkatan indeks penjualan dan indeks omzet penjualan paling tinggi, salah satunya Bandung yaitu sebesar 27% untuk indeks penjualan dan 100% untuk indeks omzet penjual,” sambungnya.

Baca Juga: Hyperlocal Tokopedia Dongkrak Penjualan UMKM Bandung Hingga 5 Kali Lipat

Aditia mengungkapkan berkat Hyperlocal, kategori Fesyen di Tokopedia menjadi salah satu kategori produk paling laris secara nasional di semester I 2023.

Sedangkan, jumlah transaksi yang terjadi lewat Tokopedia, khususnya di Bandung, mengalami kenaikan hampir 2 kali lipat selama semester I 2023 saat pascapandemi dibandingkan semester II 2019 saat pra pandemi.

Sementara itu, jumlah penjual di Kota Bandung yang tergabung di kampanye Kumpulan Toko Pilihan (KTP) meningkat hampir 2 kali lipat selama kuartal III 2023 dibandingkan kuartal III 2022. 

"Sedangkan jumlah transaksi yang terjadi melalui Dilayani Tokopedia di Bandung naik hampir 28 kali lipat di semester I 2023 saat pascapandemi dibandingkan semester II 2019 saat prapandemi," katanya.

Hyperlocal Tokopedia pun mendorong terciptanya tren belanja online masyarakat. Beberapa kategori produk paling laris di Tokopedia secara nasional di semester I 2023, yaitu Rumah Tangga, Fesyen, Otomotif, Olahraga dan Hobi, serta Kebutuhan Sehari-hari atau Groceries.

“Khususnya pada kategori Fesyen di Tokopedia, perhiasan dan aksesoris (termasuk jam tangan), Long John dan pakaian adat menjadi beberapa produk terlaris pada semester I 2023 dibandingkan semester I 2022, dengan rata-rata peningkatan transaksi hampir 3 kali lipat,” jelasnya.

Temuan menarik pada tren belanja online di kategori Fesyen di Tokopedia juga didukung oleh kehadiran inisiatif Tokopedia Fashion, kampanye yang mengusung produk fesyen, mulai dari fesyen wanita, pria, muslim dan anak, dari pelaku usaha termasuk di Bandung dengan lebih mudah dan terjangkau.

Tokopedia pun membagi kisah inspiratif salah satu UMKM Kota Bandung, Woodka, yang aktif mengikuti Tokopedia Fashion. 

Mengetahui bahwa Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kayu terbesar, Co-Founder Woodka, Trianita Adhi bersama dua pendiri lainnya, mendapatkan ide bisnis untuk memproduksi jam tangan terbuat dari kayu yang didaur ulang (recycled wood).

“Karena ingin mengusung prinsip bisnis yang lebih ramah lingkungan, kami memilih menggunakan recycled wood atau kayu limbah bekas furnitur dalam produksian jam tangan kekinian Woodka. Harapannya, upaya Woodka bersama para pengguna bisa turut membantu menjaga bumi,” jelasnya.

Woodka pun turut berkontribusi dalam memberdayakan perajin kayu lokal asal Jepara, Garut, dan Yogyakarta. “Bahkan kini Woodka telah memberdayakan puluhan perajin khusus dalam proses pengerjaan dial (wajah jam), case (pelindung jam), serta kotak penyimpanan. Sedangkan untuk pembuatan strap, Woodka menggandeng sejumlah perajin asal Garut,” ungkapnya

Baca Juga: Peringati HKN, Tokopedia Ungkap 3 Pelaku Usaha Sektor Kesehatan yang Sukses Naikkan Penjualan

Dia menjelaskan proses produksi jam tangan Woodka dibuat 100% oleh tangan terampil perajin kayu lokal. Woodka pun turut memastikan kesejahteraan perajin karena sejak awal tujuannya dalah mengembangkan peluang para perajin kayu di Yogyakarta.

"Inilah yang menjadi alasan kami dalam menentukan harga jual. Kami ingin para perajin lokal sejahtera,” tegasnya.

Selama membangun bisnis, Trianita dan tim Woodka kerap menghadapi berbagai tantangan, termasuk persaingan di industri jam tangan yang kian berkembang. Agar terus menjangkau pasar lebih luas, Woodka mulai berjualan di Tokopedia sejak 2018 dan memanfaatkan berbagai kampanye yang bisa meningkatkan exposure pada toko Woodka, salah satunya Tokopedia Fashion.

“Berkat Tokopedia, Woodka berhasil menjangkau pasar hingga seluruh Indonesia dan meraup omzet hingga ratusan juta tiap bulannya," katanya.

Sedangkan untuk dapat menghadapi persaingan bisnis, lanjut Trianita, pihaknya terus mempertahankan keunikan dengan memadukan unsur seni, budaya Indonesia dan alam pada desain strap jam tangan kekinian yang bold dan remarkable.

"Kita juga kerap berkolaborasi dengan berbagai brand fesyen lokal, illustrator lokal ternama dan lisensi film bergengsi,” pungkasnya.

Baca Juga: TKD Prabowo-Gibran Kalem meski Unggul di Bali, De Gadjah: Biar Ngga Ada Ricuh

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: