Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Digelar 3 Hari, Nilai Transakai Harbolnas 2023 Ditarget Capai Rp25 T

Digelar 3 Hari, Nilai Transakai Harbolnas 2023 Ditarget Capai Rp25 T Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Di tengah kian digandrunginya aktivitas belanja online, Hari Belanja Online Nasional atau yang dikenal dengan sebutan Harbolnas kembali digelar. Kali ini, Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) memperoleh dukungan dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, BCA, dan Lazada Indonesia (Lazada) sebagai mitra resmi belanja online.

Dukungan dari lintas sektor ini menunjukkan kepercayaan dan harapan besar bahwa ekonomi digital Indonesia bisa mencatatkan pertumbuhan yang besar pada akhir 2023. Transaksi selama penyelenggaraan Harbolnas 2023 diyakini akan mencatatkan nominal yang luar biasa. Hal ini terungkap dalam acara konferensi pers Peluncuran Harbolnas 2023 di Serpong (9/12).

Ketua Umum idEA, Bima Laga mengatakan bahwa semua pihak sudah bekerja keras menyiapkan strategi dan program yang akan membawa hasil signifikan. “Dukungan Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan memperlihatkan komitmen yang luar biasa pada perkembangan industri digital, khususnya sektor perdagangan,” ujar Bima. “Ini salah satu bentuk komitmen pada penerapan Permendag No. 31 yang jelas menegaskan pentingnya kegiatan ini dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.”

“Belum lagi sektor perbankan yang ditunjukkan dengan bergabungnya BCA dalam mendorong peningkatan daya beli agar konsumen bisa membeli semua kebutuhannya secara lebih efisien selama gelaran Harbolnas. Pun dengan Lazada yang jelas akan sangat membantu pelaku usaha menggapai para konsumennya secara lebih luas sehingga akan mencatatkan transaksi yang menghasilkan cuan,” kata Bima menjelaskan.

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Isy Karim juga menegaskan dukungan Kementerian Perdagangan dalam mendorong kejayaan produk lokal terutama dalam peningkatan akses pasar baik di offline maupun online. “Pertumbuhan produk lokal berkualitas saat ini sudah sangat membanggakan. Mereka layak mendapat perhatian konsumen dengan membeli dan menggunakannya,” kata Isy tegas.

“Tahun ini, sebagai bagian dari rangkaian Harbolnas 2023, kami juga menggelar kegiatan mall to mall untuk semakin mendekatkan dan mempromosikan berbagai produk lokal unggulan,” ujarnya menambahkan. “Masyarakat jangan lupa untuk belanja dengan memanfaatkan promo produk lokal selama Harbolnas yang mencapai 90%”.

Selaras dengan Kementerian Perdagangan, dukungan terhadap penyelenggaraan Harbolnas 2023 juga datang dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves). “Gaung produk lokal harus semakin kuat, karena memang sudah sangat banyak produk dalam negeri yang kualitasnya sangat mumpuni. Kegiatan seperti Harbolnas ini sangat bermanfaat dalam mendorong peningkatan transaksi sehingga ekonomi lokal bisa tumbuh,” ujar Plt. Asisten Deputi Pengembangan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves, Liz Zeny.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: