Platform MPStore SupperApps milik PT Mitra Pedagang Indonesia melakukan peningkatan layanan aplikasi dengan menggandeng OttoDigital, group usaha digital ekosistem Salim Group, dengan menambah kelengkapan layanan Payment Gateway dan akses pembelian barang grosir.
Layanan pembayaran digital ini memudahkan opsi pembayaran Virtual Account atas transaksi produk digital melalui aplikasi secara langsung dan memungkinkan mitra menerima pembayaran QRIS dari pelanggan, sehingga proses transaksi dapat dilakukan dengan cepat dan aman.
Selain itu, fitur Barang Grosir 'Kulakan' memungkinkan warung atau usaha tradisional untuk mendapatkan akses pembelian barang dagangan dengan harga terjangkau dan pengiriman langsung ke tempat usaha.
Baca Juga: Gibran Tekankan Hilirisasi Digital: Kita Butuh Anak Muda yang Ahli Data Science hingga Game Designer
Chief of Executive (CEO) MPStore Abdul Muidz Aad menuturkan bahwa dengan layanan ini seluruh mitra bisa merasakan kecepatan, kemudahan dan keamanan, sehingga membantu pengelolaan warung dan pedagang tradisional.
“Kami menyambut baik kolaborasi strategis bersama OttoDigital yang sejalan dengan misi menyediakan aksesibilitas bagi UMKM,” ucap dia. Dalam kerjasama ini, Direktur PT Reksa Transaksi Sukses Makmur Grace Sunarjo menambahkan langkah kerja sama ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk mendorong 30% dari 68,3 juta UMKM dapat terhubung dalam ekosistem digital.
“OttoDigital melalui PT Reksa Transaksi Sukses Makmur sebagai merchant aggregator QRIS, hadir untuk mewujudkan akselerasi ekosistem digital bersama MPStore,” tambahnya.
Sementara itu, Chief of Executive (CEO) OttoDigital Theodorus Wiryawan, mengatakan pihaknya berharap dapat membuka lebih luas lagi akses pembayaran digital dan penyediaan stok barang dagangan bagi UMKM yang menggunakan MPStore SuperApps untuk mendukung transaksi usahanya.
Platform MPStore SupperApps telah memiliki lebih dari 650 ribu mitra UMKM dan pedagang tradisional yang terbantu melalui beragam fitur layanan yang tersedia, antara lain pengadaan barang grosir, penjualan produk digital, penerimaan pembayaran non-tunai, pencatatan transaksi digital, dan modal pengembangan usaha.
Kemudahan lain yang diberikan kepada UMKM untuk penerimaan pembayaran QRIS adalah proses pendaftaran yang cepat dan tidak dikenakan biaya. Mitra MPStore dapat langsung mengunggah aplikasi dan dilanjutkan dengan login sebagai ‘TOKO’. Ketika sudah melakukan login, pedagang dapat klik fitur ‘QRIS’ dan mengikuti cara ‘Registrasi QRIS’ sesuai dengan instruksi yang diberikan. Untuk layanan payment gateway dan akses barang grosir pun sudah bisa dinikmati secara otomatis.
Baca Juga: Pelaku UMKM Akui Fintech Memudahkan Akses Permodalan
Dalam kesempatan yang sama, MPStore & OttoDigital mengunjungi salah satu mitra MPStore - Toko Sembako Sumber Bening di area Apartemen Kalibata City, Jakarta, untuk mendengarkan langsung pengalaman menggunakan aplikasi MPStore.
“Salah satu manfaat menjadi mitra MPStore adalah pengelolaan usaha yang menjadi lebih efisien. Dalam kurun waktu 1,5 tahun, omset bisnis meningkat 25%. Hal ini dikarenakan stok barang yang lebih beragam, sehingga dapat memenuhi kebutuhan para pelanggan dan membuat mereka senang berbelanja di sini,” ujar Tugar Aris Andika, pemilik Toko Sembako Sumber Bening.
Inovasi teknologi akan terus dilakukan dalam memaksimalkan ekosistem digital yang sudah digunakan oleh para pelaku usaha mikro. Harapannya, melalui langkah strategis ini, MPStore dan OttoDigital dapat memberikan kontribusi terhadap akselerasi digital hingga 1 juta UMKM berbasis komunitas, yang tidak hanya terbatas pada starling dan pedagang tradisional.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Belinda Safitri
Advertisement