Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Lantik Pejabat Eselon II, Ini Pesan Menteri ESDM

Lantik Pejabat Eselon II, Ini Pesan Menteri ESDM Kredit Foto: Djati Waluyo
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif melantik beberapa pejabat Eselon II di lingkungan KESDM.Dalam pelantikan tersebut, Arifin memberikan perhatian khusus kepada Pusat Survei Geologi (PSG) mengingat semakin beratnya tugas yang harus dipikul PSG. 

PSG Badan Geologi Kementerian ESDM selain bertugas mencari wilayah - wilayah yang memiliki prospek migas juga dituntut untuk mendapatkan sumber-sumber energi hijau sebagai alternatif.

"Kepada Kepala Pusat Survei Geologi, saat ini peran PSG semakin berat karena selain melakukan survei untuk memperoleh daerah prospek migas baik yang konvensional maupun non-konvensional juga dituntut untuk mendapatkan sumber-sumber energi 'hijau' sebagai alternatif demikian juga halnya yang terkait dengan storage untuk karbon," ujar Arifin dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu (7/2/2024). 

Baca Juga: Pemerintah Melalui Kementerian ESDM Mendukung Retroffit Lampu Led untuk Alat Penerangan Jalan (APJ) Melalui Skema KPBU

Sebagaimana diketahui, Pusat Survei Geologi, yang merupakan salah satu unit di Badan Geologi, memiliki tugas utama untuk melakukan survei geologi di seluruh wilayah Indonesia untuk mengumpulkan data geologi dasar kegiatan sektor pertambangan, konstruksi, pengelolaan lingkungan, penelitian kekayaan sumber daya alam (migas, batubara, loga dan mineral) serta pemetaan dan monitoring bencana kegeologian.

Arifin berpesan kepada Edy Slameto sebagai Kapus PSG yang baru untuk mengembalikan marwah PSG sebagai referensi penting untuk ilmu kebumian di tingkat nasional, maupun internasional. 

"PSG merupakan salah satu institusi geologi tertua di Indonesia yang menghasilkan produk hasil survey dan pemetaan serta karya ilmiah baik berupa peta, tulisan maupun buku-buku tematik. Produk-produk tersebut dari dulu telah menjadi referensi penting bagi ilmu kebumian baik di tingkat nasional, regional maupun internasional, hal ini harus Saudara kembalikan marwahnya. Jalin kerjasama yang baik dengan Direktorat Jenderal Migas, Direktorat Jenderal EBTKE dan unit lain terkait," ujarnya. 

Baca Juga: Perkuat Integritas Birokrasi, Kementerian ESDM Gandeng KPK

Sementara itu, kepada  pejabat lain yang bersamaan dilantik Menteri Arifin meminta untuk dapat memahami berbagai tantangan dan sekaligus tanggung jawab yang harus diemban serta bisa menjawab tantangan itu sendiri.

"Setiap pejabat harus tangguh dan tidak mudah menyerah dalam menghadapi tantangan, namun juga harus mampu bergerak lincah dalam melaksanakan tugas secara professional," tuturnya.

Baca Juga: Industri Perkebunan Berpegang Teguh Pada Konsep Bisnis Berkelanjutan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Djati Waluyo
Editor: Annisa Nurfitriyani

Advertisement

Bagikan Artikel: