Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Membangun Sosial Media dalam Pengembangan Usaha

Membangun Sosial Media dalam Pengembangan Usaha Kredit Foto: Unsplash/dlxmedia.hu
Warta Ekonomi, Medan -

Sosial media dalam beberapa dekade terakhir, telah menjadi platform yang sangat penting dalam dunia bisnis. Bukan hanya sebagai alat pemasaran untuk produk dan layanan, tetapi juga sebagai wadah untuk pengembangan usaha secara keseluruhan.

Sebab itu, Komisi I DPR RI bekerjasama dengan Ditjen APTIKA Kominfo melaksanakan seminar dengan tema “Sosial Media untuk Pengembangan Usaha”, sebagai bentuk dorongan agar para pelaku bisnis segera bergerak memanfaatkan media sosial untuk pengembangan usahanya.

Meutya Hafid selaku Ketua Komisi I DPR RI mengatakan, penggunaan sosial media juga dapat membantu dalam mengumpulkan data dan mendapatkan wawasan yang berharga tentang perilaku konsumen.

“Melalui analisis data yang diperoleh dari interaksi pengguna di platform sosial media, pelaku usaha dapat memahami preferensi dan kebutuhan pelanggan mereka dengan lebih baik," katanya, Minggu (17/3/2024).

Baca Juga: Tingkatkan Kompetensi Konten Sosial Media, Kementerian BUMN dan Pertamina Gelar Workshop Bagi Millenial BUMN

Namun, meskipun media sosial menawarkan berbagai manfaat untuk pengembangan usaha, penting untuk memperhatikan juga bahwa penggunaan yang tidak tepat dapat merugikan bisnis.

“Dengan strategi pemasaran yang tepat, konten kreatif, dan konsistensi dalam berkomunikasi, penggunaan sosial media dapat menjadi kunci untuk mempercepat pertumbuhan bisnis. Mari bersama-sama memanfaatkan kekuatan sosial media untuk mengembangkan usaha kita, menjangkau lebih banyak pelanggan, dan mencapai kesuksesan yang lebih besar dalam pasar yang terus berkembang," pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Fabrizia Jettira selaku Owner Cincau Hijau dan Dapur Menu Lokal, mengatakan bahwa, salah satu manfaat utama sosial media sebagai wadah untuk pengembangan usaha adalah kemampuannya untuk meningkatkan brand awareness. 

“Dengan jangkauan yang luas dan kemampuan untuk terhubung dengan audiens secara real time, sosial media telah membuka pintu bagi pelaku usaha kecil maupun besar untuk memperluas jangkauan mereka dan memperkuat hubungan dengan pelanggan mereka," katanyaz

Pihaknya sendiri telah merasakan manfaat dari penggunaan media social terhadap usaha. Melalui konten yang relevan dan menarik, serta interaksi yang berkelanjutan, pihaknya dapat menciptakan hubungan baik kepada para konsumen.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Khairunnisak Lubis
Editor: Annisa Nurfitri

Advertisement

Bagikan Artikel: