Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kinerja Positif, Mitra Adiperkasa Bukukan Pendapatan Bersih Rp26,9 Triliun pada 2023

Kinerja Positif, Mitra Adiperkasa Bukukan Pendapatan Bersih Rp26,9 Triliun pada 2023 Kredit Foto: MAP.
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) melaporkan kinerja keuangan yang positif dalam berbagai segmen. Pada kuartal keempat 2023, MAPI mencatat pendapatan bersih sebesar Rp9,5 triliun, naik 17,4% dari Rp8,1 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Margin laba kotor Perseroan juga meningkat 90 bps dari 43,6% menjadi 44,5%. Sementara, laba usaha tumbuh 15,6% dari Rp891 miliar menjadi Rp1,0 triliun, dengan margin sebesar 10,8%. Sementara EBITDA dan laba bersih MAPI tercatat masing-masing sebesar Rp1,8 triliun dan Rp506 miliar. 

Baca Juga: Perkuat Posisi sebagai Ritel, Mitra Adiperkasa Hadirkan Brand Makeup Korsel KAJA Beauty di Indonesia

Secara keseluruhan pada periode tahun 2023, pendapatan bersih MAPI meningkat 23,7% dari Rp26,9 triliun menjadi Rp33,3 triliun dan margin laba kotor naik dari 44,7% menjadi 45,3%. Laba usaha pun tumbuh menjadi Rp3,6 triliun dari Rp3,1 triliun, sementara EBITDA naik dari Rp5,5 triliun menjadi Rp6,2 triliun. 

Dari segi bottom line, MAPI mencatat laba bersih sebesar Rp2,3 triliun. "Kami menutup tahun 2023 dengan pertumbuhan kinerja keuangan yang berkelanjutan, didukung oleh performa yang solid di berbagai segmen bisnis. Hal ini menunjukkan kemampuan MAPI dalam merespons preferensi pelanggan yang berkembang," ujar Ratih Darmawan Gianda, VP Investor Relations, Corporate Communications and Sustainability MAP Group. 

Pada tahun 2023, MAPI terus melakukan diversifikasi portofolio dengan memperkenalkan beberapa brand internasional termasuk Sports Direct, Flying Tiger Copenhagen dan BOSS di Indonesia. Langkah-langkah strategis ini memperkuat komitmen MAPI untuk menyediakan beragam produk yang komprehensif di berbagai segmen kepada para pelanggan. 

Selain itu, platform omni-channel sangat penting untuk memenuhi beragam permintaan pelanggan, yang terintegrasi secara seamless dengan seluruh kanal distribusi, baik mal, kanal online, dan mitra marketplace.

Baca Juga: Wow! Laba Bersih Jababeka (KIJA) Melonjak Lebih dari 10 Kali Lipat pada 2023

Seiring dengan pertumbuhan gerai fisiknya, MAPI juga mengambil langkah strategis dalam meningkatkan kehadirannya secara digital. Per Desember 2023, MAPI mengoperasikan 47 kanal online dan bekerja sama dengan berbagai mitra marketplace.

"Pada 2023, kami melalui berbagai tantangan dengan semangat yang menyatu dan fokus pada tujuan. Saat memasuki tahun 2024, kami memahami dinamika kondisi bisnis di berbagai negara di mana MAPI berada. Kami optimis namun tetap berhati-hati dalam menghadapi masa yang akan datang, serta terus menjaga komitmen terhadap seluruh pemangku kepentingan," pungkas Ratih. 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Belinda Safitri
Editor: Belinda Safitri

Advertisement

Bagikan Artikel: