Industri Kecantikan Nasional Makin Berkembang, Ini 5 Skincare Terbaik di Indonesia 2024
Seiring dengan meningkatnya populasi penduduk Indonesia berusia muda dan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga penampilan dan kesehatan kulit, industri kecantikan nasional juga menjadi semakin berkembang dengan melahirkan banyak brand kosmetik lokal.
Tren penggunaan produk lokal juga menjadi indikasi meningkatnya kualitas produk yang mampu bersaing dengan berbagai brand dari luar negeri.
Pertumbuhan fenomenal industri kosmetik di Indonesia ditandai dengan pertumbuhan jumlah industri kosmetik di Indonesia yang mencapai 21,9%, yakni dari 913 perusahaan di tahun 2022 menjadi 1.010 perusahaan pada pertengahan 2023. Industri kosmetik nasional juga mampu menembus pasar ekspor dimana secara kumulatif untuk periode Januari-November 2023 nilai ekspor untuk produk kosmetik, wewangian, dan essential oilstercatat mencapai USD770,8 juta.
“Dengan komposisi 95% industri kosmetik lokal merupakan Industri Kecil dan Menengah, industri ini tercatat mampu menyerap tenaga kerja sekitar 59.886 orang pada tahun 2022,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto beberapa waktu lalu.
Dari berbagai produk yang dihasilkan oleh perusahaan kosmetik di Indonesia, segmen pasar terbesar didominasi segmen perawatan diri (personal care) dengan volume pasar sebesar USD3,18 miliar pada tahun 2022, disusul skincare sebesar USD2,05 miliar, kosmetik USD1,61 miliar, dan wewangian USD39 juta.
Potensi market size secara nasional pada tahun 2023 bisa mencapai 467.919 produk atau meningkat lebih dari 10 kali lipat dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. Sementara itu, secara global diperkirakan dapat mencapai USD473.21 miliar pada tahun 2028 dengan pertumbuhan rata-rata 5,5% per tahun.
Lebih lanjut, penjualan produk personal care dan kosmetik mengalami peningkatan pesat dalam beberapa tahun terakhir ini di tengah masifnya perkembangan e-commerce di Indonesia. Sejak tahun 2018 hingga 2022, personal care dan kosmetik merupakan top 3 penjualan di market place, dengan nilai transaksi mencapai Rp13.287,4 triliun dan volume transaksi 145,44 juta.
Dewasa ini, pasar kosmetik dan personal carejuga digerakkan oleh tren dan kesadaran penggunaan kosmetik berlabel halal, sehingga mendorong munculnya produk dan merek baru yang memadukan bahan-bahan alami sebagai inovasi produk kecantikan.
Industri kecantikan nasional mempunyai potensi yang sangat luas untuk dikembangkan, mengingat melimpahnya sumber daya alam sebagai bahan baku kosmetik. Selain itu, Indonesia juga memiliki warisan budaya leluhur tentang tanaman berkhasiat sebagai obat dan perawatan tubuh. Potensi pasar dalam negeri juga cukup besar dengan meningkatnya jumlah populasi usia produktif sebagai pengguna produk kecantikan. Tumbuh suburnya produk kosmetik lokal bersertifikasi halal juga dapat terus didorong penetrasinya ke negara yang potensial dengan produk kosmetik halal seperti berbagai negara di Timur Tengah dan Afrika.
Saat ini, skincare juga sudah menjadi kebutuhan pokok bagi para kaum hawa di Indonesia, dimana penampilan cantik dan glowing adalah impian dari setiap wanita khususnya di Indonesia.
Pada tanggal 4 Mei 2024 , Indonesia Quality Observer melakukan penelitian dan riset terhadap produk-produk skincare yang beredar di Indonesia dengan mengacu pada kualitas Produk.
"Kami menemukan 5 Skincare terbaik yang beredar di Indonesia, setelah kami telusuri, kelimanya merupakan produksi dalam negeri (Indonesia)" Ungkap dr. Hasto Kusmanair, (6/5/2024)
dr Hasto pun lanjut menerangkan skincare-skincare yang dimaksud diantaranya :
Kharites Beauty
pada peringkat pertama terdapat Kharites Beauty yang didistribusikan oleh PT Kharites Beauty International, dimana seluruh Zat Aktif yang terkandung didalamnya di import langsung dari Korea Selatan, Berdasarkan Hasil Penelitian kami, Produk tersebut memiliki kualitas terbaik , hal itu disebabkan karena PT Kharites Beauty International mendirikan laboratorium penelitian nya sendiri di Pohang, Korea Selatan. Kharites Beauty diproduksi dan didistribusikan di Indonesia.
Scarlett
Pada peringkat kedua Brand skincare Terbaik jatuh kepada Scarlett. Brand ini merupakan brand produk perawatan tubuh asal Indonesia dan terkenal dengan rangkaian produk whiteningnya. Total penjualan untuk brand Scarlett sendiri sudah menembus angka Rp40.9 miliar pada periode April-Juni 2022.
Brand Scarlett sudah mengeluarkan beberapa rangkaian produk perawatan kulit yang menjadi favorit seperti body lotion, body scrub, dan juga shampoo. Salah satu produk yang jadi favorit, yakni Scarlett Whitening Acne Serum.
Erha
Peringkat ketiga ada produk dari Erha yang berhasil meraih total penjualan hingga Rp11.5 miliar sepanjang kuartal II – 2022. Erha merupakan brand skincare lokal yang awalnya populer dari sebuah klinik kecantikan yang berdiri sejak tahun 1999.
Produk-produk Erha dikenal manfaatnya melalui kliniknya yang telah beroperasi sejak lama tersebut. Tak mengherankan jika produk Erha mampu laris di pasaran karena sudah duluan dikenal masyarakat dari kliniknya.
Wardah
Tak kalah jauh, brand Wardah berhasil menempati peringkat keempat terbaik dengan total penjualan sebesar Rp18.3 miliar. Brand yang terkenal dengan produk-produk kosmetik halal ini juga menawarkan seri skincare dengan kualitas produk yang tinggi. Tak hanya kualitas, namun skincare Wardah pun diinovasi untuk bisa disesuaikan dengan kondisi serta jenis kulit wajah.
Bio Beauty Lab
Brand Bio Beauty Lab merupakan salah satu brand skincare lokal Terbaik Posisi kelima dan berhasil meraih total penjualan sebesar Rp5.7 miliar.
Bio Beauty Lab terkenal dengan face oil-nya yang menjadi salah satu favorit para beauty influencer. Tak heran jika setelah dilihat lebih dalam lagi ternyata Bio Beauty Lab bundle 10ml luxurious & 10ml acne treatment merupakan salah satu produk terlarisnya di e-commerce.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri
Tag Terkait:
Advertisement