Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pengurusan Administrasi Pertanahan Makin Mudah Berkat PELATARAN dari Kementerian ATR/BPN

Pengurusan Administrasi Pertanahan Makin Mudah Berkat PELATARAN dari Kementerian ATR/BPN Kredit Foto: Antara/Jessica Helena Wuysang
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) telah meluncurkan program Pelayanan Tanah Akhir Pekan atau yang dikenal dengan PELATARAN sejak tahun 2022 silam. Program ini pun dinilai sangat membantu masyarakat karena menjadi solusi dalam proses pengurusan administrasi pertanahan pada akhir pekan.

Terkait itu, PELATARAN memang dibuat untuk memudahkan masyarakat yang sibuk saat hari kerja agar tetap bisa mengurus sertipikat dan urusan pertanahan lainnya pada akhir pekan. 

Tak heran jika hadirnya PELATARAN disambut baik oleh masyarakat. Seperti yang dirasakan Regi Naldi, warga Tangerang Selatan (Tangsel) yang sejak Januari lalu sudah menyelesaikan pengurusan penghapusan Hak Tanggungan atau Roya tanpa perantara secara langsung.

Baca Juga: Dukung Program Nasional, Ikanot Undip Jalan Bareng Menteri ATR/BPN

“Datang ke BPN untuk pengurusan penghapusan Hak Tanggungan atau Roya. Pelayanan di BPN Tangsel menurut saya sudah cukup baik, informasi yang diberikan cukup jelas, dan prosesnya juga jelas sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ujar Regi Naldi (06/01).

Menurutnya, dengan pelayanan baik Kantor Pertanahan Kota Tangerang Selatan dan ditambah lagi adanya PELATARAN, ia menjadi sangat membantu. “Jadi memudahkan kami sebagai pemilik tanah untuk mengurus sendiri Roya hingga selesai. Prosesnya diberikan penjelasan dengan baik dan pelayanannya juga dilakukan dengan baik oleh pegawai BPN,” tutur Regi Naldi.

PELATARAN utamanya diimplementasikan pada Kantor Pertanahan yang berkedudukan di Ibu Kota Provinsi. Di samping itu, PELATARAN juga dibuka pada kantor yang memiliki rata-rata jumlah pelayanan di atas 2.000 berkas per bulan. Hal ini merupakan wujud komitmen Kementerian ATR/BPN untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat di kabupaten atau kota tersebut yang permintaan pelayanannya sangat tinggi.

Baca Juga: Gandeng Kementerian ATR/BPN, IKANOT Undip Gelar Sosialisasi Sertifikat Elektronik

Sedikitnya, terdapat 107 Kantor Pertanahan di 33 provinsi yang membuka layanan akhir pekan ini. Untuk mengetahui lokasi detailnya, masyarakat dapat melihat daftar Kantor Pertanahan mana saja yang buka pada akhir pekan dengan memeriksa link https://bit.ly/InfoPELATARAN.

Seluruh Kantor Pertanahan yang membuka layanan akhir pekan sudah terdaftar dalam link tersebut. Dengan PELATARAN masyarakat dapat mengurus terkait sertipikat dan administrasi pertanahan lainnya pada hari Sabtu-Minggu mulai pukul 08.00 sampai dengan 12.00 waktu setempat. 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Belinda Safitri
Editor: Belinda Safitri

Advertisement

Bagikan Artikel: