Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Lima Blok Migas Ditawarkan Kementerian ESDM

Lima Blok Migas Ditawarkan Kementerian ESDM Kredit Foto: WE are
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana akan melelang lima wilayah kerja (WK) minyak dan gas bumi (migas) potensial di Tanah Air. 

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan, lima WK tersebut Wilayah Kerja terdiri dari 2 Wilayah Kerja Penawaran Lelang Reguler dan 3 Wilayah Kerja Penawaran Langsung. 

Baca Juga: Kementerian ESDM Ungkap Pengembangan Inovasi Energi Hijau

"Pemerintah melalui Kementerian ESDM terus berupaya meningkatkan iklim investasi hulu migas dengan menciptakan ketentuan pokok Kontrak Kerja Sama pada lelang Wilayah Kerja Migas yang menarik serta beberapa fasilitas insentif baik fiskal dan non-fiskal akan dapat diterima kontraktor dengan mengacu beberapa peraturan dan keputusan Menteri yang ada", ujar Dadan, Selasa (14/5/2024) 

Dadan menyebut, blok pertama adalah wilayah kerja Pesut Mahakam yang dilelang melalui tender reguler. Terletak di daratan Kalimantan Timur dekat beberapa wilayah kerja yang terbukti memiliki potensi hidrokarbon seperti Sanga-sanga, Wain, Mahakam, Sangata, Kalimantan Timur dan Attaka. 

Wilayah kerja ini merupakan eksplorasi dengan perkiraan sumber daya sekitar 20 juta barel minyak dan 1,1 TCF Gas. Komitmen pasti minimal WK Pesut Mahakam adalah Studi G&G, 3D seismik 114 Kilometer Persegi.

Kemudian adalah wilayah kerja PANAI, Reguler Tender. Lokasinya berada di daratan dan lepas pantai Sumatera Utara dan Riau dekat dengan beberapa wilayah kerja yang terbukti mempunyai potensi hidrokarbon seperti CPP, Siak dan Kisaran. 

Ini adalah wilayah kerja eksplorasi dengan perkiraan sumber daya gas sekitar 500 BCF. Komitmen pasti minimum untuk Panai adalah Studi G&G Dan 2D Sesimik 500 Kilometer. 

Ketiga, wilayah kerja Andaman Tengah, melalui Penawaran Langsung. Terletak di lepas pantai laut Andaman dekat dengan wilayah kerja yang terbukti memiliki potensi hidrokarbon seperti North Sumatera Offshore, Lhokseumawe dan Block B. 

Andaman Tengah merupakan wilayah kerja eksplorasi dengan perkiraan sumber daya sekitar 100 juta barel minyak dan 500 BCF gas. Komitmen pasti minimum untuk Andaman Tengah adalah: - Studi G&G; Dan - Seismik 3D atau Pembelian Data Seismik 3D 650 kilometer persegi - Memproses ulang Seismik 3D terlebih dahulu. 

Baca Juga: Kementerian ESDM Berikan Pelatihan Bagi Warga Sekitar Penghasil Migas

Selanjutnya wilayah kerja Amanah, melalui Penawaran Langsung. Terletak di darat Sumatera Selatan dekat wilayah kerja yang terbukti memiliki potensi hidrokarbon seperti Sumatera Selatan, Belida, Area Pertamina EP Sumbagsel, Raja/Pendopo dan Ogan Komering. 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Djati Waluyo
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: