Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Meutya Hafid: 'Ayo UMKM Jadilah Pemain Utama di Era Digital'

Meutya Hafid: 'Ayo UMKM Jadilah Pemain Utama di Era Digital' Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Di tengah arus globalisasi dan revolusi teknologi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki kesempatan besar untuk memainkan peran utama dalam perekonomian digital.

“Berkolaborasi dengan teknologi digital bukan sekadar pilihan, namun kini menjadi kebutuhan yang tidak dapat dihindari bagi UMKM agar dapat bertahan dan berkembang dalam era digital ini,” ucap Meutya Viada Hafid, selaku Ketua Komisi I DPR RI dalam webinar Forum Literasi Digital bertajuk “UMKM Berdaya dengan Digitaliasai.”.

Meutya Viada Hafid juga menambahkan bahwa, salah satu cara bagi UMKM untuk menjadi pemain utama di era digital adalah dengan meningkatkan keterlibatan dan keterampilan dalam memanfaatkan digitalisasi.

“Melalui media sosial dan platform e-commerce, UMKM dapat menjangkau pasar yang lebih besar tanpa terbatas oleh batasan geografis. Hal ini memungkinkan UMKM untuk mendapatkan pelanggan baru dan meningkatkan penjualan secara signifikan,” ucapnya.

“Namun, untuk dapat berhasil berkolaborasi dengan teknologi dan berdaya dengan digitalisasi, UMKM perlu memiliki kemauan dan komitmen untuk terus belajar dan mengembangkan keterampilan dalam mengoperasikan teknologi,” sambungnya.

Pelaku UMKM, Gita Sari Sakinah selaku Owner Produksi alat alat Pengantin Traditional mengatakan bahwa peningkatan Aksesibilitas Internet diseluruh pelosok membuka peluang untuk bisnis lokal untuk menjangkau pasar yang lebih luas secara online.

Baca Juga: Melalui Digitalisasi UMKM, Jadilah Kreatif dalam Memanfaatkan Media Sosial

“Ketika sudah dapat mengakses internet, gunakanlah platform e-commerce dan sosial media untuk membantu bisnis lokal kita dalam meningkatkan visibilitas online dan mencapai pelanggan potensial baru,” ucapnya.

“Wirausaha bukanlah tentang mencari pekerjaan, tetapi tentang menciptakan peluang. Jangan tunggu peluang datang, tetapi ciptakanlah sendiri,” sambungnya.

Setuju dengan pendapat Gita Sari Sakinah, Owner RAFI Ñ FAIZ Cake& Catering, Erlani Ecin Ambarsari juga mengatakan dengan adanya digitalisasi, UMKM dapat dengan mudah memasarkan produknya, berinteraksi dengan pelanggan, serta melakukan transaksi secara online.

“Hal ini sangat penting karena semakin banyak konsumen yang beralih ke pembelian secara online, terutama di saat masa pandemi sampai sekarang ini yang jumlahnya terus meningkat,” ucapnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: