Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ruang Digital untuk Digitalisasi UMKM

Ruang Digital untuk Digitalisasi UMKM Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dengan semakin majunya teknologi informasi dan komunikasi, peluang untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan efisiensi bisnis semakin terbuka lebar. 

“Salah satu cara yang efektif untuk melakukan digitalisasi UMKM adalah melalui ruang digital atau platform online,” ucap Meutya Hafid selaku Ketua Komisi I DPR RI.

Dalam webinar Forum Literasi Digital tersebut, Meutya Hafid juga menambahkan bahwa, dalam melakukan digitalisasi UMKM melalui ruang digital, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. 

“Pertama, pemilik UMKM perlu memahami pasar dan target konsumen mereka dengan baik. Dengan memahami kebutuhan dan preferensi konsumen, UMKM dapat lebih mudah menyusun strategi pemasaran yang tepat melalui ruang digital,” sambungnya.

“Kedua, pemilik UMKM perlu memilih platform digital yang sesuai dengan karakteristik bisnis mereka. Setiap platform memiliki kelebihan dan kelemahan yang berbeda, sehingga pemilihan platform yang tepat akan mempengaruhi kesuksesan digitalisasi UMKM,” tambahnya.

“Terakhir, pemilik UMKM perlu terus melakukan inovasi dan pengembangan dalam ruang digital mereka,” sambungnya.

Eneng Nurcahyati selaku pelaku UMKM yang bergelut dalam usaha di bidang kuliner bernama Cafe Samasama juga mengatakan digitalisasi UMKM melalui ruang digital merupakan langkah yang sangat penting untuk meningkatkan daya saing dan kelangsungan bisnis UMKM di era digital ini.

“Dengan memanfaatkan ruang digital dengan bijaksana, UMKM dapat mencapai kesuksesan yang lebih besar dan meraih peluang bisnis yang lebih luas. Mari kita bersama-sama mengembangkan bisnis kita melalui digitalisasi UMKM,” ucapnya.

Baca Juga: Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional Melalui Digitalisasi UMKM

“Saat sudah mantap menjadi UMKM Digital, maka UMKM harus melakukan digital marketing. Sebagai upaya pemasaran digital melalui platform media sosial guna mempromosikan produk, jasa, maupun layanan dari suatu bisnis agar dapat menjangkau audiens yang lebih luas,” sambungnya.

Roni Samza selaku Owner Buruan Nikah Batam / Ide Samza Organizer juga mengatakan bahwa, ruang digital merupakan lingkungan digital yang menyediakan berbagai fasilitas dan layanan untuk mendukung UMKM dalam proses digitalisasi.

“Dengan adanya pendampingan yang tepat, UMKM dapat mempercepat proses digitalisasi dan mengoptimalkan penggunaan teknologi digital dalam bisnis,” ucapnya.

“Untuk meningkatkan efektivitas ruang digital dalam mendukung digitalisasi UMKM, penting bagi pemerintah, perusahaan teknologi, dan lembaga pendidikan untuk bekerja sama dalam menyediakan layanan dan dukungan yang dibutuhkan,” sambungnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: