Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Toyota Hybrid Kian Warnai Elektrifikasi Jalanan Indonesia

Toyota Hybrid Kian Warnai Elektrifikasi Jalanan Indonesia Kredit Foto: Laras Devi Rachmawati
Warta Ekonomi, Jakarta -

3 tahun terakhir, market kendaraan elektrifikasi di Indonesia naik hingga 18x kali lipat dari sekitar 3rb-an unit pertahun hingga lebih dari 70rb-an unit pertahun. Dimana Hybrid EV menyumbang 75% dari total penjualan market elektrifikasi, sedangkan Battery EV menyumbang 23%. Hal ini menunjukkan mobil elektrifikasi semakin diminati oleh masyarakat, terutama Hybrid.

Di tahun 2023, Toyota mengalami kenaikan signifikan 8x lipat pada penjualan kendaraan elektrifikasi, dari 4 ribu-an unit pertahun hingga menembus 37 ribu-an unit pertahun dengan Market Share 52.8% untuk kendaraan elektrifikasi di Indonesia. Hybrid EV menjadi kontributor penjualan terbanyak sekitar 97%.

Baca Juga: PHE - ExxonMobil Sepakat Kolaborasi Carbon Capture

Peningkatan yang signifikan ini merefleksikan demand kendaraan elektrifikasi Toyota yang semakin positif, khususnya Hybrid.

Sebagai salah satu teknologi elektrifikasi dengan lineup paling lengkap, tersedia 14 opsi produk Hybrid dari Toyota, Lexus, termasuk GAZOO Racing yang sangat diterima dan diapresiasi oleh para pelanggan di Indonesia.

3 model elektrifikasi Toyota yang paling disukai oleh pelanggan adalah Kijang Innova Zenix Hybrid, Yaris Cross Hybrid, yang keduanya diproduksi lokal dan telah di ekspor ke lebih dari 100 negara di dunia, serta yang ketiga adalah Corolla Cross Hybrid.

Terdapat 5 poin penting yang memengaruhi pembelian mobil Hybrid dari hasil survei yang dilakukan Toyota kepada para pengguna maupun calon penggunanya.

Pertama adalah kombinasi motor listrik dan mesin bensin mampu menghasilkan driving performance yang maksimal. Kedua, fuel efficiency, produk hybrid Toyota 40-50% lebih hemat dibanding mobil konvensional. Berdasarkan test ride yang dilakukan pihak eksternal beberapa waktu lalu bahkan bisa menyentuh angka 1 liter bahan bakar untuk menempuh jarak 31 kilometer untuk produk Yaris Cross Hybrid. Dan kedua benefit ini, bisa didapatkan pelanggan tanpa harus mengubah kebiasaan mobilitasnya.

Baca Juga: PLN Kembali Sukses Rampungkan Proyek Kelistrikan di Jawa Tengah

Ketiga, resale value yang sangat baik, bahkan resale value Toyota di beberapa model lebih tinggi daripada model non-Hybrid. Keempat, garansi baterai, Toyota memberi garansi hingga 8 tahun serta harganya affordable. Kelima, kontribusi terhadap lingkungan. Hingga kini, seluruh penjualan kendaraan Hybrid dan elektrifikasi Toyota lainnya berhasil mengurangi sekitar 225.000 ton emisi CO2 jika dibandingkan dengan penggunaan mobil berteknologi mesin bakar konvensional.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Laras Devi Rachmawati
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: