Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Festival Jelajah Kuliner Nusantara: Mendukung UMKM dan Kreativitas Kuliner Indonesia

Festival Jelajah Kuliner Nusantara: Mendukung UMKM dan Kreativitas Kuliner Indonesia Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Bandung -

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) didukung oleh enam perusahaan BUMN Group, yakni PT Bank Syariah Indonesia Tbk, PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero), PT Bukit Asam Tbk, PT Perkebunan Nusantara III (Persero), dan PT Pos Indonesia (Persero) secara resmi menggelar Festival Jelajah Kuliner Nusantara. Festival ini merupakan bagian dari Bazar UMKM Untuk Indonesia yang diselenggarakan untuk mendukung pengembangan dan perluasan pasar UMKM di Indonesia. 

Pada tahun 2024 Kementerian BUMN bekerja sama BUMN dan pihak-pihak terkait lainnya akan menyelenggarakan sebanyak 13 kali Bazar UMKM Untuk Indonesia di 8 kota Indonesia, di antaranya di Jakarta, Bandung, Medan, Bali, Balikpapan, Jayapura, Makassar, dan Labuan Bajo. 

Baca Juga: Bank Sampoerna Bidik Target Dua Digit Pembiayaan UMKM

Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting mengatakan, tujuan penyelenggaraan Festival Jelajah Kuliner Nusantara ini adalah memperluas pasar produk makanan dan minuman UMKM binaan BUMN, memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai kekayaan kuliner nusantara, serta mendorong UMKM makanan dan minuman untuk terus meningkatkan kualitas produknya. 

“Kami berharap acara ini tidak hanya menjadi ajang jual beli semata, tetapi juga menjadi tempat bertemunya para pelaku usaha, pemerhati dan pencinta kuliner, serta masyarakat umum untuk saling bertukar ide, pengalaman, dan inspirasi. Sehingga, dapat mendorong pengembangan UMKM di Indonesia, memperkuat jejaring usaha, serta menumbuhkan semangat kewirausahaan di kalangan masyarakat,” jelas Loto kepada wartawan di Bandung, Jumat sore (24/5/2024)

Kali ini, Festival Jelajah Kuliner Nusantara mengusung tagline “Petualangan Kulinermu Dimulai Dari Sini” ini menghadirkan keautentikan sajian kuliner khas Nusantara dan menciptakan pengalaman kuliner yang tidak terlupakan bagi Masyarakat. 

Acara ini akan menghadirkan lebih dari 108 UMKM yg bergerak dalam bidang kuliner, baik yang disajikan untuk makan di tempat (dine-in) maupun secara kemasan.  Selain itu, berbagai kegiatan menarik akan turut memeriahkan acara ini, termasuk talk show dengan pakar di bidang UMKM, live cooking bersama jebolan Master Chef Indonesia, dan barista competition.   

Barista Competition yang diusung dalam Festival Jelajah Kuliner Nusantara merupakan langkah awal dalam menyambut World of Coffee tahun 2025 yang akan diselenggarakan pada 15-17 Mei 2025 di Jakarta Convention Center. World of Coffee Indonesia akan berfokus pada nilai dan tradisi Indonesia sebagai negara produsen kopi terbesar ke-4 dunia, yang tidak hanya sebagai negara eksportir kopi terbesar juga sebagai negara pasar tujuan yang paling signifikan di Asia.

 “World of Coffee Indonesia turut memberikan dampak positif dalam membangkitkan iklim perekonomian industri kopi dan sejalan dengan komitmen BUMN dalam mengembangkan ekosistem kopi skala internasional,” ungkapnya 

Kegiatan Festival Jelajah Kuliner Nusantara di Bandung dan Medan ini merupakan salah satu upaya dari Kementerian BUMN dan BUMN Group untuk mendukung para pelaku UMKM serta mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. 

Perwakilan BUMN penyelenggara yaitu PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menyampaikan dalam laporan Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna bahwa acara ini diharapkan dapat melestarikan kekayaan kuliner Nusantara yang begitu beragam dan sekaligus mendekatkan usaha para pelaku UMKM kepada masyarakat agar semakin dikenal sehingga dapat terus berkembang dengan baik dan mampu berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi khususnya di Bandung. 

Acara ini juga secara khusus berupaya untuk meningkatkan awareness dan minat belanja masyarakat terhadap produk-produk UMKM terutama UMKM Rumah BUMN maupun produk UMKM yang telah terdaftar di Pasar Digital UMKM (PaDi UMKM). Seluruh transaksi dalam kegiatan ini akan tercatat pada aplikasi PaDi UMKM. 

Baca Juga: Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional Melalui Digitalisasi UMKM

"Semoga acara ini dapat memberikan pengalaman kuliner yang menarik bagi masyarakat yang berada di Bandung," pungkasnya 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: