Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tak Hanya Sertifikasi Halal, BSI Dorong Pertumbuhan UMKM dengan Pembiayaan Rp46,62 Triliun

Tak Hanya Sertifikasi Halal, BSI Dorong Pertumbuhan UMKM dengan Pembiayaan Rp46,62 Triliun Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Bandung -

Hingga Maret 2024, pembiayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mencapai Rp46,62 Triliun tumbuh 12,40% year-on-year. 

Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna mengatakan saat ini jumlah customer UMKM di BSI mencapai lebih dr 900 ribu, untuk di area Jawa Barat sendiri pembiayaan UMKM BSI mencapai Rp5,24 Triliun atau sekitar 11,24% portofolio UMKM secara nasional.

Baca Juga: Harvesting BBI dan BBWI: Pilar Masa Depan Ekonomi UMKM di Sumatera Selatan

"Khusus untuk di Bandung, segmen UMKM BSI tumbuh pesat pada sektor perdagangan, pengolahan, perantara keuangan, kesehatan dan pendidikan karena memang Jawa Barat khususnya Bandung memiliki uniqueness dari sisi demografi dan potensial ekonomi," jelas Anton kepada wartawan usai mengikuti acara Jelajahi Kuliner Nusantara di Bandung, Sabtu (25/5/2024)

Sementara itu, dalam event Jelajahi Kuliner Nusantara di Bandung, BSI mengajak 16 UMKM binaan  yang digagas Kementerian BUMN, sebagai salah satu komitmen perseroan mendorong UMKM untuk naik kelas. 

Acara tersebut digelar pada 24-26 Mei 2024 yang diikuti oleh UMKM kuliner, food & beverages, fesyen dan kerajinan. Terkait hal itu Anton mengatakan, segmen ritel memang menjadi salah satu penyokong pertumbuhan bisnis di BSI terutama konsumer dan UMKM.

Oleh karenanya BSI selalu berupaya memajukan UMKM dengan berbagai upaya terbaik, seperti mengikutsertakan UMKM binaan dalam ajang di Bandung tersebut. 

"Untuk itu kami serius mengangkat UMKM naik kelas dengan strategic response yang tepat. Apalagi UMKM selama ini menjadi salah satu penopang perekonomian dalam negeri," katanya

Seperti diketahui, BSI memiliki komitmen kuat dan berkelanjutan dalam mendorong pelaku UMKM meningkatkan kapabilitas dan kapasitas usahanya. Upaya strategis tersebut dilakukan baik melalui pendampingan pengembangan usaha, kemudahan akses pembiayaan, penguatan ekoistem melalui UMKM Center, hingga pemberian sertifikasi halal. 

Selain itu, Anton menyebut BSI pun menyediakan pendampingan sertifikasi halal, kerja sama branding dan transaksi pembayaran, serta penjualan produk Portal UMKM dan Salam Digital. Yaitu Platform yang digunakan untuk mendukung pelaku UMKM Indonesia meningkatkan kualitas produk lokal agar dapat berkompetisi di pasar global.

Baca Juga: Dorong UMKM Naik Kelas, PosIND Dukung Festival Jelajah Kuliner Nusantara di Bandung

“Langkah pengembangan UMKM terus dilakukan di antaranya membangun BSI UMKM Center untuk hub UMKM bisnis matching dan upgrade skills. BSI juga memfasilitasi 1.000 sertifikasi halal gratis untuk UMKM bidang kuliner,” pungkasnya

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: