Tahukah Anda, kereta rel listrik (KRL) bisa dimanfaatkan sebagai media pemasaran? Terlebih, KRL merupakan salah satu sarana transportasi yang memiliki jangkauan paling luas dan trafik pengguna paling tinggi.
Mengutip keterangan dari PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) di awal 2024, penggunaan KRL Jabodetabek mengalami peningkatan yang signifikan sepanjang tahun 2023. Total volume penumpang mencapai lebih dari 290 juta atau naik 35% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pada hari kerja, rata-rata terdapat lebih dari 870 ribu penumpang, sementara di akhir pekan jumlahnya mencapai lebih dari 650 ribu, dengan total perjalanan mencapai 1.090 setiap harinya.
"Dengan memanfaatkan tingginya volume pengguna KRL, frekuensi dan konsistensi perjalanan, serta waktu tunggu yang cukup panjang (dwell time), KCI, agensi periklanan, dan brand berpeluang untuk membangun brand awareness. Bahkan dukungan teknologi mutakhir, konsep, dan penyampaian pesan yang kreatif, serta kolaborasi antar kanal media akan memudahkan terciptanya relevansi, memberikan pengalaman unik dan meninggalkan kesan mendalam bagi audiens,” kata Marketing Director AMG (Alternative Media Group), Agung Prihambodo.
AMG, lanjut Agung, sebagai pionir perusahaan penyedia media luar griya (MLG) menawarkan layanan solutif untuk mendukung strategi pemasaran kreatif. Layanan mencakup penempatan iklan strategis, desain kreatif, dan analisis efektivitas kampanye.
“Kami membantu pengiklan mencapai tujuan mereka, mulai dari pengembangan konsep hingga implementasi pemasaran di KRL dengan memastikan bahwa setiap aspek kampanye dirancang dengan cermat untuk memaksimalkan dampak dan efektivitasnya. Selain di KRL, dominasi inventaris AMG juga tersebar di gedung perkantoran, apartemen, rumah sakit, lifestyle, gym, ruas jalan strategis hingga sarana transportasi publik seperti bandara, Transjakarta dan transportasi online," ucap dia.
Agung menambahkan, beberapa kiat yang bisa brand terapkan untuk mendorong kesuksesan kampanye pemasaran dan keterlibatan target audiens di KRL. Pertama memperkuat konsep kreatif, desain, dan materi iklan.
Baca Juga: Bantu Bisnis Melejit, Ini Tips Membuat Konten yang Menarik dan Meningkatkan Engagement
Menurutnya, kreativitas tinggi pada konsep dan desain iklan berperan penting dalam menarik perhatian audiens dan mendorong keterlibatan pengguna KRL dengan brand, begitu pun dengan materi iklan.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Belinda Safitri
Tag Terkait:
Advertisement