Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

KAEF Berhasil Cetak Pertumbuhan Penjualan Hingga Double Digit di Kuartal I 2024

KAEF Berhasil Cetak Pertumbuhan Penjualan Hingga Double Digit di Kuartal I 2024 Kredit Foto: Antara/Dhemas Reviyanto
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Kimia Farma Tbk (KAEF), perusahaan healthcare terintegrasi dari hulu hingga hilir (end-to-end), berhasil membukukan pertumbuhan penjualan hingga double digit pada kuartal I/2024 di tengah berbagai tantangan efisiensi biaya operasional di segmen manufaktur dan pengembangan portofolio produk. 

Dalam laporan keuangan kuartal I 2024, KAEF berhasil mencatatkan kenaikan penjualan sebesar 10,08% menjadi sebesar Rp2,54 triliun pada Januari-Maret 2024 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu Rp2,30 triliun.

Di samping itu, beban pokok penjualan (HPP) dan beban usaha masing-masing mengalami kenaikan 18,67% dan 3,04% dibandingkan triwulan yang sama tahun lalu, mengingat proses

penataan portofolio produk dan proses efisiensi masih berjalan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam strategi pembenahan fundamental bisnis Perseroan.

Baca Juga: Ini Jurus Kimia Farma Guna Jaga Kinerja yang Positif dan Berkelanjutan

Direktur Utama KAEF Djagad Prakasa Dwialam menegaskan bahwa kinerja penjualan yang tumbuh hingga di atas 10% pada Januari-Maret 2024 menjadi awal yang baik bagi perseroan.

Namun, Djagad yang sebelumnya menjadi direktur utama anak perusahaan KAEF, PT Kimia Farma Trading and Distribution (KFTD) ini juga memahami bahwa perseroan masih menghadapi

tantangan besar yaitu perlunya penguatan pada portofolio produk yang bermargin tinggi. Selain itu tantangan terbesar lainnya adalah beban keuangan, sehingga perusahaan mengambil berbagai langkah strategis untuk efisiensi dan restrukturisasi keuangan sehingga bisa menurunkan beban usaha dan beban bunga.

“Kami optimistis tren positif pada kuartal I/2024 ini akan berlanjut hingga akhir tahun ini. Kami terus melakukan efisiensi terutama di segmen manufaktur sehingga bisa menurunkan beban usaha. Kami juga akan memperkuat portofolio produk untuk menurunkan beban pokok penjualan,” ujarnya, Kamis (27/6/2024).

Dia menilai pimpinan sebelumnya telah membentuk baseline atau titik awal yang bagus sehingga bisa mengetahui tantangan utama yang dihadapi KAEF. “Pak David Utama serta jajaran Direksi

sebelumnya telah membangun pondasi dan baseline yang bagus sehingga KAEF sudah berada di jalur yang tepat untuk menuju profitabilitas, tentu dengan melakukan pembenahan menyeluruh dari hulu sampai hilir,” terang Djagad.

Baca Juga: Pemegang Saham Kimia Farma Putuskan untuk Tunjuk Dirut Baru

Fokus efisiensi di hulu, lanjuta Djagad yaitu menyangkut fasilitas-fasilitas produksi yang dimiliki serta penguatan portofolio produk. Sementara untuk segmen hilir/ritel adalah dengan optimalisasi kelengkapan produk di seluruh outlet, penguatan portofolio produk, serta meningkatkan kualitas pelayanan sehingga KAEF menjadi pilihan utama bagi pelanggan yang memerlukan obat atau layanan kesehatan.

KAEF memiliki beberapa lini bisnis, yaitu segmen manufaktur, perdagangan dan distribusi, ritel, dan segmen bisnis lainnya. Di segmen manufaktur memiliki 10 pabrik. Di segmen perdagangan

dan distribusi memiliki 48 distributor, sedangkan di lini ritel memiliki 1.217 apotek, 367 klinik, dan lebih dari 300 laboratorium medis yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Djagad menambahkan bahwa selama ini Kimia Farma memiliki peran dalam penyediaan obat yang berkualitas serta keterjangkauan pelayanan kesehatan sebagai upaya menjaga ketahanan kesehatan nasional. “Kimia Farma berperan aktif dalam menjaga ketahanan obat nasional dalam hal distribusi obat dan keterjangkauan pelayanan kesehatan yang berkualitas di Indonesia,” tutup Djagad.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri

Advertisement

Bagikan Artikel: