Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Demi Memperluas Jangkauan Pasar, TCID Lebarkan ke Yogyakarta

Demi Memperluas Jangkauan Pasar, TCID Lebarkan ke Yogyakarta Kredit Foto: Transcosmos
Warta Ekonomi, Jakarta -

Perusahaan penyedia layanan bisnis digital transcosmos Indonesia (TCID) berupaya memperlebar cakupan bisnisnya dengan melakukan pembukaan kantor baru CX Square, di Yogyakarta.

Permintaan ini terus bertambah, membuat TCID telah berkembang menjadi perusahaan yang menangani puluhan klien dari berbagai industri, dengan total 3.600 lebih karyawan, dan memiliki CX Square di Jakarta, Semarang dan Yogyakarta.

"Kami memulai perjalanan di Indonesia dengan visi untuk membawa transformasi dalam industri CX di Indonesia. Dalam 11 tahun perjalanan ini kami melewati banyak tantangan, mulai dari masa pandemi Covid-19 yang memberi pukulan kepada dunia usaha di seluruh sektor, keterbatasan sumber daya manusia yang terampil, dan penyesuaian infrastruktur teknologi yang terus berkembang. Namun, tidak hanya bertahan, tetapi kami juga tumbuh dan berinovasi,” kata Vice President Director transcosmos Indonesia Ardi Sudarto, Jakarta, Senin (1/7/2024). 

Perjalanan TCID ditandai dengan berbagai milestone penting. Pada tahun 2014, TCID meluncurkan layanan digital marketing yang komprehensif dan holistik, termasuk website development, customer engagement platform development, manajemen media sosial dan pengembangan platform e-commerce. Tahun 2017, TCID mengimplementasikan layanan chatbot untuk meningkatkan efisiensi dan kecepatan layanan pelanggan. Selanjutnya, pada tahun 2018, TCID membuka CX Square kedua di Semarang.

Hingga di awal tahun 2024 dan bertepatan dengan 11 tahun hadirnya di Indonesia, TCID baru saja meresmikan pembukaan CX Square-nya di Yogyakarta. Ekspansi yang dilakukan oleh TCID ini dilakukan untuk mengakomodasi kebutuhan klien yang terus meningkat hingga diperlukan perekrutan ratusan talent Yogyakarta yang dikenal kreatif dan mumpuni.

Baca Juga: Bangun Ekosistem Berbasis Sinergi, SIG Ciptakan Peluang Pertumbuhan dan Perluasan Bisnis

Sebagai latar belakang, CX Square merupakan nama untuk contact center TCID yang berfungsi sebagai titik interaksi antara pelanggan dengan perusahaan. transcosmos akan memperkuat aktivitas layanan Voice of Customer (VOC) dan memberikan pengalaman CX terbaik kepada konsumen melalui layanan komunikasi unik yang menggabungkan layanan inti bisnis CX menjadi satu kesatuan yang terpadu, yaitu digital contact center, digital promotion dan digital integration.

Layanan unggulan TCID mencakup berbagai solusi teknologi dan proses bisnis yang berdampak signifikan bagi perusahaan mitra di berbagai sektor. TCID memperkenalkan solusi Artificial intelligence (AI) seperti AI Talkbot dan layanan chatbot pada CX untuk meningkatkan efisiensi operasional dan membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Ke depannya, TCID akan mengoptimalkan penggunaan AI dan otomatisasi melalui robotic process automation (RPA) agar dapat berkolaborasi dengan manusia untuk melakukan otomatisasi tugas-tugas administratif di bidang HR, GA, atau finance. Penggunaan RPA ini telah membantu perusahaan mitra mengurangi biaya operasional hingga 25%.

Baca Juga: Ekspansi Bisnis, Cinema XXI Perluas Jaringan dengan Membuka Icon Bali XXI

TCID menjalankan proyek-proyek global untuk perusahaan IT dan e-commerce terkemuka di Amerika Serikat, Inggris, Italia, Spanyol, dan Prancis. “Kami memanfaatkan AI translations yang memungkinkan kami untuk mendukung klien internasional dengan lebih efektif," jelas Ardi Sudarto. “Sementara di Indonesia, kami melayani perusahaan terkemuka di sektor telekomunikasi, FMCG, finance, otomotif, e-commerce, dan fintech.”

Selain berinovasi di bidang teknologi, TCID juga meningkatkan sumber daya manusia sebagai fokus pengembangan bisnis. TCID menetapkan standar tinggi dalam rekrutmen dan pelatihan SDM. Semua karyawan TCID diwajibkan untuk mematuhi nilai-nilai perusahaan yang mencakup integritas, inovasi, dan pelayanan pelanggan yang unggul. Selain itu, TCID memberikan pelatihan intensif untuk meningkatkan keterampilan teknis dan non-teknis karyawan.

“Kami percaya bahwa integrasi teknologi dengan sumber daya manusia yang tepat adalah kunci untuk memberikan pengalaman pelanggan yang unggul. Inovasi-inovasi yang kami lakukan selalu diimbangi dengan peningkatan keterampilan SDM. Hal ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk terus mendukung pertumbuhan industri layanan pelanggan di Indonesia,” tutup Ardi.

transcosmos Indonesia (TCID) merupakan penyedia layanan customer experience dan digital bisnis yang merupakan anak perusahaan dari transcosmos Inc., perusahaan yang berpusat di Jepang dan berdiri sejak tahun 1966. transcosmos Indonesia menghadirkan layanan terpadu untuk mendukung berbagai aspek bisnis klien, termasuk teknologi CX.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: