Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Antusiasme Ekosistem Pendidikan Hadiri FKM, Sesi Gelar Wicara Jadi Inspirasi dan Refleksi

Antusiasme Ekosistem Pendidikan Hadiri FKM, Sesi Gelar Wicara Jadi Inspirasi dan Refleksi Kredit Foto: Direktorat Sekolah Dasar
Warta Ekonomi, Jakarta -

Puncak acara Festival Kurikulum Merdeka (FKM) 2024 di Plannery Hall Jakarta Convention Center berlangsung semarak. Kegiatan Gelar Wicara sesi pertama dengan tema “Belajar Lebih Bermakna dan Menyenangkan” menjadi magnet antusiasme pengunjung dan masyarakat yang hadir. 

“Puncak acara Festival Kurikulum Merdeka 2024 kali ini kami berupaya menyajikan sejumlah inovasi yang telah dilakukan di berbagai wilayah Indonesia, termasuk daerah-daerah yang sulit dijangkau,” ujar Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus selaku Ketua Panitia FKM 2024, Aswin Wihdiyanto, dalam sambutan pembukaan sekaligus meluncurkan pameran digital FKM di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (5/7/2024). 

Serangkaian kegiatan dalam Festival Kurikulum Merdeka menampilkan suasana semarak nan inspiratif dengan harapan agar pengunjung dapat termotivasi untuk terus menjaga keberlanjutan gerakan Merdeka Belajar yang digagas lewat pemikiran Ki Hadjar Dewantara. 

“Beragam cerita yang disajikan dapat menguatkan semangat ekosistem untuk semakin yakin dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di Tahun Ajaran Baru 2024/ 2025,” kata Aswin. 

Dalam pembukaan, Aswin menjelaskan festival ini bertujuan untuk mendorong amplifikasi praktik baik dalam Kurikulum Merdeka. Dengan menyoroti pencapaian-pencapaian peserta didik dan pendidik, serta dampak positif yang dirasakan oleh orang tua, festival ini ingin menciptakan pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan. 

Baca Juga: Kemendikbudristek Gunakan Data Cadangan, KIP Kuliah Tetap Berjalan Lancar

“Lebih jauh lagi, Festival Kurikulum Merdeka berfungsi sebagai ajang untuk mempererat kolaborasi antara semua pihak yang terlibat dalam proses pendidikan,” ujarnya. 

Aswin menjelaskan dengan adanya interaksi dan kesempatan untuk berbagi pengalaman antara peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, dan orang tua melalui acara ini, diharapkan dapat tercipta sinergi yang kuat dalam mendukung proses pembelajaran yang lebih inovatif dan efektif. 

“Festival ini juga merupakan bentuk apresiasi terhadap dedikasi dan kerja keras semua pihak yang terlibat dalam menerapkan Kurikulum Merdeka, yang pada akhirnya berkontribusi pada terciptanya ekosistem pendidikan yang lebih baik dan berkelanjutan,” paparnya. 

Sesi Gelar Wicara Jadi Inspirasi dan Refleksi Para Pemangku Kepentingan atas IKM Sesi gelar wicara pertama yang menjadi salah satu bagian penting dalam FKM, dirancang sebagai ajang berbagi pengalaman, wawasan, dan inspirasi terkait implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) serta refleksi pembelajaran di tahun ajaran 2023/2024. 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Cita Auliana
Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: