IndoBeauty Expo 2024 Siap Digelar, Manjakan Pengunjung dengan Ragam Produk Kecantikan Kelas Dunia
Industri kosmetik Indonesia kian menjanjikan dan diproyeksi bakal terus berkembang pesat sejalan dengan masifnya perkembangan e-commerce di Indonesia.
Merujuk data Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), terjadi peningkatan pertumbuhan jumlah pelaku usaha kosmetik dari jumlah 819 pada 2021 menjadi 913 pada 2022. Hal ini setara dengan pertumbuhan sebesar 20,6% pada 2022.
Selanjutnya, pada 2023, industri kosmetik di Indonesia tumbuh sebesar 21,9%, yakni dari 913 perusahaan di 2022 menjadi 1.010 perusahaan. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menjabarkan bahwa industri kosmetik tumbuh 43,11 persen di periode 2020–2023.
"Itu (menyumbang) 6,8 persen PDB (Produk Domestik Bruto) industri sektor pengolahan setelah industri makanan sebesar 17,2 persen," pungkasnya pada Jumat, 26 Juli 2024.
Menyadari hal tersebut, Krista Exhibitions menyelenggarakan pameran International dalam industri kecantikan yaitu IndoBeauty Expo 2024. Pameran ini akan diselenggarakan selama tiga hari, mulai dari tanggal 31 Juli - 2 Agustus 2024 di Hall C1 dan C2 Jakarta International Expo (JIEXPO), Kemayoran, Jakarta.
IndoBeauty Expo 2024 bakal menghadirkan 170 perusahaan di bidang kosmetik, perawatan kulit, serta produk wewangian dan rambut. Selain itu, akan hadir peralatan dan teknologi pengemasan yang berasal lebih dari 12 negara, seperti New Zealand, AUE, China, South Korea, Philippines, Thailand, Malaysia, Singapore, Japan, India, Indonesia, dan Taiwan.
Krista Exhibitions juga akan menampilkan lebih dari 30 startup dalam negeri untuk memamerkan produk kecantikan. Hal ini dilakukan agar perusahaan lokal mampu memenuhi pasar domestik dan bahkan diharapkan menembus pasar internasional.
Baca Juga: Kinerja Perusahaan Bisa Makin Baik, Erick Thohir Peduli Kesehatan Mental Karyawan BUMN
Dalam sambutannya ketika konferensi pers, Daud D Salim selaku Chief Executive Officer (CEO) Krista Exhibitions mengatakan bahwa industri kecantikan terus berkembang ke arah positif setiap tahunnya. Dia menjelaskan bahwa pameran IndoBeauty Expo 2024, yang telah diselenggarakan ke-14 kalinya, terus mengalami kenaikan jumlah peserta sekitar 30% dari tahun lalu.
"Krista Exhibitions optimis melalui pameran ini dapat mendorong pengembangan industri komestik dalam negeri agar mampu berdaya saing di pasar global dan melalui pameran ini juga dapat memberikan informasi kepada pengusaha di bidang kecantikan untuk mendapatkan inovasi teknologi maupun produk terbaru bagi wanita, pria, anak-anak bahkan balita,” kata Daud D Salim, dalam konferensi pers yang digelar pada Jumat, 26 Juli 2024.
Daud D Salim menjelaskan bahwa “IndoBeauty Expo 2024 hadir sebagai platform terlengkap untuk menjawab permintaan pasar dalam negeri yang cukup besar dan saat ini banyak perusahaan kosmetik Indonesia yang hadir untuk memenuhi perkembangan permintaan masyarakat dengan memproduksi berbagai produk kosmetik dan kecantikan yang berkualitas. Pameran ini menargetkan 12.000 pengunjung akan hadir dalam 3 hari pameran ini.
Dalam pemeran ini ditampilkan berbagai kategori produk dan peralatan di bidang kecantikan dan kesehatan, yaitu Brand Skin Care atau Perawatan Kulit, Brand Color Cosmetic atau Make up, Brand Parfume, Manufacture atau Pabrik Skin Care, Perawatan Kulit, Pabrik Color Cosmetic, Hair Care Device atau Perawatan rambut, Aesthetic, Spa dan Wellness Clinic, Dermatology Device, Alat dan Mesin untuk Klinik Kecantikan, Packaging atau Pengemasan Produk,Trading & Import Consultant, Inkjet Printing Technology.
Pameran ini juga bersifat edukatif dengan menyuguhkan berbagai rangkaian acara seperti seminar, talkshow dan demo kecantikan maupun skincare di industri kosmetika yang menghadirkan pembicara dari dalam dan luar negeri di antaranya talk show dokter-dokter dari DermatoVen dengan tema “Waspada Bahaya Kanker Kulit”, evolusi herbal dengan tema “Generasi Muda Anti Jompo”, neo kosmetika dengan tema “Industri Apa Cuma BPOM?”, VERSI dengan tema “Personal Color& Style”, Sukma Skin Treatment dengan tema “Mengenal Skin Care, Bahan-Bahan Berbahaya yang Belum Diketahui Masyarakat, dan Cara Mendeteksinya”, dan masih banyak acara yang dapat diikuti oleh pengunjung.
Daud D Salim menyampaikan apresiasi atas dukungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Kementerian Perindustrian R.I., Perhimpunan Perusahaan dan Asosiasi Kosmetik (PPAK) Indonesia, Asosiasi Pengusaha Suplemen Kesehatan Indonesia (APSKI), Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) sehingga pameran bisa terselenggara.
Indo Beauty Expo 2024 terbuka bagi para pelaku bisnis kecantikan dan yang tertarik untuk masuk menggeluti sektor kecantikan serta masyarakat umum.
Pameran dibuka dari hari Rabu sampai Jumat mulai dari Pukul 10.00 WIB hingga Pukul 19.00 WIB. Pengunjung anak berusia di bawah 14 tahun tidak diperkenankan untuk masuk ke area pameran.
Para pengunjung dapat melakukan registrasi online melalui link https://register.kristaonline.com/visitor/indobeautyexpo secara langsung di lokasi pameran dengan membawa undangan yang telah dikirimkan oleh pihak Krista Exhibitons.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Amry Nur Hidayat
Tag Terkait:
Advertisement