Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Marak Penipuan Customer Service Palsu, Danamon Imbau Nasabah Untuk Berhati-Hati

Marak Penipuan Customer Service Palsu, Danamon Imbau Nasabah Untuk Berhati-Hati Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kristiani Siwi selaku Service Excellence Customer Care Head, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) menyampaikan, Danamon mengimbau nasabah untuk selalu waspada terhadap segala jenis penipuan, seperti modus penipuan yang marak akhir-akhir ini berupa pemalsuan kontak dan alamat customer service perusahaan dan bisnis di Google Maps, termasuk yang mengatasnamakan Danamon.

Pada awal bulan Agustus 2024, marak ditemukan pemberitaan mengenai berbagai upaya penipuan di laman Google Maps banyak perusahaan dan institusi di Indonesia, di mana Danamon sempat menjadi salah satu bank yang terdampak.

"Apabila Bapak atau Ibu menemukan kontak atau alamat customer service palsu yang mengatasnamakan Danamon, mohon segera laporkan kepada saluran komunikasi resmi kami.  Saya mengajak kita untuk saling menjaga dan melindungi melalui pelaporan pemalsuan ini, #JanganKasihCelah kepada para penipu,” kata Kristiani dalam keterangan resmi, Jakarta, Minggu (18/8/2024).

Baca Juga: Bijak Kelola Keuangan, Danamon Ajak Nasabah Terapkan Metode Kakeibo

Kristiani menegaskan, apabila nasabah dan masyarakat melakukan pencarian informasi mengenai alamat kantor cabang atau ATM Danamon di laman Google Maps, informasi yang muncul merupakan nomor ponsel ataupun WhatsApp palsu yang bukan nomor resmi customer service milik Danamon. 

Lebih dari itu, tidak menutup kemungkinan penipu akan meminta informasi atau memberikan tautan yang seolah-olah tidak berbahaya namun sesungguhnya merupakan suatu upaya ilegal untuk mendapatkan data pribadi dan informasi perbankan nasabah, seperti OTP, PIN, password, dan lain-lain. 

Kristiani mengatakan, adanya risiko tinggi terjadinya pencurian data pribadi dan perbankan apabila nasabah menekan tautan tersebut atau mengikuti instruksi yang diberikan oleh penipu tersebut.

"Itulah sebabnya, Danamon terus berupaya untuk mengedukasi nasabah dan masyarakat luas untuk senantiasa berhati-hati dan teliti saat hendak menghubungi saluran komunikasi resmi Danamon untuk melakukan berbagai transaksi keuangan dan perbankan," jelasnya.

Baca Juga: Danamon Financial Friday 2024, Transaksi Lebih Mudah dan Nyaman dengan D-Bank PRO

Danamon mengingatkan bahwa seluruh komunikasi resmi layanan Danamon hanya dapat dilakukan melalui saluran berikut: Call Center Hello Danamon di 1-500-090, WhatsApp: Danamon Chat 0858-1-1-500-090 (akun terverifikasi dengan centang hijau), Facebook: Bank Danamon (akun terverifikasi dengan centang biru), X:  @danamon (akun terverifikasi dengan centang biru) dan @hellodanamon, Instagram:  @mydanamon (akun terverifikasi dengan centang biru), YouTube: Bank Danamon, LinkedIn: PT Bank Danamon Indonesia Tbk, dan TikTok: @bankdanamon.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Cita Auliana
Editor: Fajar Sulaiman

Advertisement

Bagikan Artikel: