Sebanyak 120 usaha skala mikro yang mendapat dukungan dari inisiatif Mikromandiri.id telah berhasil melewati tahap kurasi setelah mengikuti serangkaian pelatihan dan proses seleksi. Program ini merupakan kolaborasi antara Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), di bawah kepemimpinan Dr. Yulius MA, dengan The Greater Hub di SBM ITB.
Puncak dari program ini adalah rangkaian acara Temu Mitra yang akan digelar di empat kota sepanjang Oktober 2024, meliputi Yogyakarta, Semarang, Makassar, Bandung, dan Kabupaten Bandung.
Baca Juga: Gandeng Asosiasi Pedagang Martabak, Susu Gizzi Dukung UMKM Martabak Melalui Susu Berkualitas
Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM, Yulius menjelaskan acara ini dirancang untuk mempertemukan 10-15 Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) terpilih, yang telah menunjukkan kesiapan dalam aspek pembiayaan dan pengembangan pasar, dengan para mitra potensial.
Setiap pertemuan akan menghadirkan lima mitra potensial di bidang pembiayaan dan lima mitra potensial di bidang pemasaran, memberikan kesempatan bagi UMKM untuk memperluas jaringan dan peluang bisnis mereka.
"Kegiatan puncak mikromandiri.id yaitu Temu Mitra dilaksanakan di Bandung pada tanggal 25-26 Oktober 2024 di Auditorium Freeport SBM ITB," kata Yulius, Minggu (27/10/2024).
Secara total, Temu Mitra mikromandiri.id berhasil mengumpulkan 52 mitra pembiayaan dan pemasaran di 4 kota, dengan rata-rata 82% terjadi kesepakatan kerjasama antara mitradengan usaha mikro terpilih.
Yulius mengungkapkan selama program mikromakdiri.id berlangsung, telah dicatat kenaikan omset tertinggi pada peserta mikromandiri.id adalah sebesar 29% per bulan, sehingga selama program yaitu bulan Juli-Oktober 2024, peningkatan omset peserta total mencapai Rp1,220,431,744 di akhir bulan Oktober. Dari total omset Rp2,111,140,476 di bulan Juni menjadi Rp3,331,572,220 di bulan Oktober 2024.
Mitra pembiayaan terdiri dari Bank Mandiri, Bank BNI, Pegadaian, Bank BJB, Bank BSI, Bank BRI, dan Evermos Sharia Financing, sementara mitra pemasaran meliputi Toko Organic, Rumah Mode, Sujiva, Diet Plus, Lina Kartika, Superindo, Pillow Cake, Sudut Hutanika, Interlook, Bandung Kunafe, Dama Kara, Saung Udjo, serta Tjap Sahabat/Mimilu.
Baca Juga: 156 Peserta Ikuti Roeang Kita UMKM Fest 2024 Kemenkeu Jabar
"Hari pertama kegiatan temu mitra diisi dengan kegiatan kunjungan ke mitra, yang terbagi menjadi dua kategori, yaitu mitra pembiayaan dan mitra pemasaran," katanya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Aldi Ginastiar
Advertisement