Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tokopedia Dorong Generasi Muda dan UMKM untuk Bangun Bisnis Digital, Demi Perkuat Ekonomi Nasional

Tokopedia Dorong Generasi Muda dan UMKM untuk Bangun Bisnis Digital, Demi Perkuat Ekonomi Nasional Kredit Foto: Tokopedia
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda 2024, Tokopedia dan ShopTokopedia terus mendukung pelaku usaha Indonesia, termasuk generasi muda, untuk memulai dan mengembangkan bisnis di era digital melalui pemanfaatan teknologi. Langkah ini diharapkan mampu berkontribusi terhadap perekonomian nasional. Salah satu inisiatif yang dijalankan adalah dengan mencetak kreator muda profesional melalui program Creators Lab, yang bertujuan membantu UMKM memperluas pasar dan memasarkan produk dengan cara lebih menarik.

Aditia Grasio Nelwan, Head of Communications Tokopedia and TikTok E-commerce, menyatakan bahwa peringatan Sumpah Pemuda 2024 bertema “Maju Bersama Indonesia Raya” sangat selaras dengan semangat kolaborasi Tokopedia dan ShopTokopedia bersama mitra strategis untuk memberikan panggung yang lebih luas bagi pelaku usaha muda. 

“Dengan kampanye seperti Beli Lokal dan Melokal Dengan Batik, kami ingin produk lokal makin dikenal. Kami juga mencetak kreator muda profesional melalui Creators Lab untuk membantu UMKM berpromosi secara relevan di era digital,” jelas Aditia, Jakarta, Senin (28/10/2024). 

Baca Juga: KB Bank Rayakan HPN dengan ‘Customer Visit Day’ ke Kantor Tokopedia

Pada kuartal III 2024, kategori fesyen menjadi salah satu produk paling laris di Tokopedia dan ShopTokopedia, bersama produk kecantikan, kesehatan, serta makanan dan minuman. Program Beli Lokal dan Melokal Dengan Batik diharapkan semakin mengukuhkan merek fesyen lokal dan UMKM dalam memperluas pangsa pasar di ranah digital.

Tokopedia dan ShopTokopedia mencatat dampak positif bagi brand lokal yang ikut dalam kampanye Beli Lokal. Contohnya, merek Dama Kara yang mengalami peningkatan penjualan dua kali lipat, serta Batik Paduka yang naik hingga 70% berkat partisipasinya dalam Melokal Dengan Batik.

Baca Juga: Sumpah Pemuda 2024, Menkomdigi Ajak Pemuda Ikut Bangun Sektor Digital Nasional

Selain itu, Tokopedia dan ShopTokopedia juga mencetak affiliate creator muda melalui Creators Lab, yang memberikan pelatihan afiliasi dan strategi pemasaran berbasis konten. "Kolaborasi antara UMKM dan affiliate creator sangat menguntungkan; UMKM dapat meningkatkan penjualan, dan affiliate creator memperoleh pendapatan," jelas Aditia.

Creators Lab telah diluncurkan di beberapa wilayah Indonesia, seperti Surabaya dan Tegal, melibatkan ratusan generasi muda untuk menjadi kreator andal. Program ini juga mendorong generasi muda untuk memberdayakan komunitas, seperti Ravenna Ravika, seorang affiliate creator Tokopedia dan ShopTokopedia yang aktif mengedukasi komunitas tentang kesehatan reproduksi sambil membantu UMKM mempromosikan produk.

Di kuartal III 2024, produk kesehatan seperti vitamin, suplemen, dan perlengkapan medis menjadi salah satu kategori paling laris di Tokopedia dan ShopTokopedia, berkat kontribusi dari para affiliate creator.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: