Pertumbuhan tren belanja online di Indonesia selama kuartal III 2024 menunjukkan peningkatan signifikan, terutama di beberapa daerah seperti Sumatra Selatan, Jambi, Lampung, Jawa Tengah, dan Banten yang mengalami kenaikan jumlah pelaku usaha lebih dari 1,5 kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
Dari data internal Tokopedia, terungkap bahwa lima kategori produk terpopuler berbeda-beda di setiap pulau. Di Jawa, misalnya, produk makanan dan minuman, kesehatan, pertukangan, perawatan tubuh, dan rumah tangga mendominasi, sementara di Sumatra kategori yang paling banyak dicari adalah otomotif dan handphone.
Tak hanya itu, menurut riset "Indonesia E-commerce Trends 2023," sebanyak 87% responden mengaku pernah menonton live streaming, dan 77% dari mereka melakukan transaksi melalui fitur tersebut. Melihat antusiasme ini, Tokopedia dan ShopTokopedia terus menghadirkan berbagai fitur untuk membantu UMKM meningkatkan penjualan mereka, salah satunya melalui live streaming di platform ShopTokopedia di aplikasi TikTok.
Baca Juga: Tokopedia Dorong Generasi Muda dan UMKM untuk Bangun Bisnis Digital, Demi Perkuat Ekonomi Nasional
“Melihat tingginya antusiasme masyarakat Indonesia terhadap live streaming, semakin besar pula peluang yang bisa dimanfaatkan pelaku usaha lokal, termasuk UMKM, untuk menjadi pahlawan yang menggerakkan perekonomian negara,” ujar Aditia Grasio Nelwan, Head of Communications Tokopedia dan TikTok E-commerce.
Fitur live streaming ini terbukti mampu mendongkrak penjualan. Data internal menunjukkan bahwa pelaku usaha yang menggunakan fitur live shopping rata-rata mengalami kenaikan penjualan hingga 7 kali lipat dibandingkan yang tidak menggunakan fitur tersebut. Kategori produk yang paling populer saat live streaming adalah kecantikan dan perawatan tubuh, fesyen perempuan, fesyen muslim, fesyen pria, serta elektronik.
Dalam rangka Hari Pahlawan 2024 yang mengusung tema "Teladani Pahlawanmu, Cintai Negerimu," Tokopedia dan ShopTokopedia juga berupaya memberikan panggung kepada UMKM lokal yang berperan sebagai pahlawan ekonomi dengan memberdayakan masyarakat sekitar.
Baca Juga: Aturannya Resmi Diteken, Ini 3 Bidang UMKM yang Utangnya akan Dihapus Prabowo
“Peringatan ini menginspirasi kami untuk terus membantu sebanyak mungkin pelaku usaha di Indonesia, dari berbagai skala bisnis, untuk menjangkau pasar lebih luas dan menjadi pilihan masyarakat,” tambah Aditia.
Tokopedia dan ShopTokopedia turut merayakan semangat Hari Pahlawan dengan kampanye seperti Beli Lokal, Promo Guncang, Tokopedia NYAM!, dan Selalu Jadi Syantik untuk mendukung pelaku usaha di kategori makanan, minuman, kecantikan, dan perawatan tubuh.
Melalui kolaborasi ini, Tokopedia berharap UMKM dapat terus berkontribusi terhadap perekonomian nasional dengan memanfaatkan teknologi untuk bertumbuh dan berkembang di negeri sendiri.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri
Tag Terkait:
Advertisement