- Home
- /
- EkBis
- /
- Transportasi
Permudah Bisnis Online, Fedex Hadirkan Layanan International Connect Plus (FICP) di Indonesia

Federal Express Corporation (FedEx), perusahaan logistik ekspres terbesar di dunia, kini menghadirkan layanan FedEx® International Connect Plus (FICP) di Indonesia. Layanan ini dirancang untuk mendukung pengiriman e-commerce internasional yang lebih efisien dan terjangkau.
Sebelumnya telah tersedia di beberapa pasar Asia Pasifik seperti Tiongkok, Hong Kong SAR, dan Jepang, kini FICP memungkinkan pelaku bisnis online di Indonesia mengakses solusi pengiriman andal dengan biaya kompetitif ke berbagai destinasi utama di Amerika Serikat dan Eropa.
Perluasan jangkauan FICP ini sejalan dengan komitmen FedEX untuk mendukung pertumbuhan e-commerce antar negara dari Asia ke Amerika Serikat dan Eropa. Penjualan e-commerce di Asia diproyeksikan akan mencapai USD 13.209 miliar pada tahun 2030, yang tumbuh dengan CAGR 17,6% dari tahun 2023 hingga 2030.
Baca Juga: Digempur Taksi Online, Ini Cara Blue Bird Tetap Raih Pendapatan Rp4,4 Triliun
Pasar e-commerce di Indonesia masih terlihat menjanjikan dengan Gross Merchandise Value (GMV) sebesar USD 59 miliar pada tahun 2022. Angka ini diproyeksikan akan meningkat menjadi USD 95 miliar pada tahun 2025 dan berpotensi mencapai USD 220 hingga 360 miliar pada tahun 2030.
Dengan ekspansi ini, penjual di e-commerce Indonesia kini dapat menawarkan solusi pengiriman internasional kepada pelanggan mereka dengan harga yang terjangkau, juga memastikan sebagian besar pengiriman akan dikirim dalam waktu 2 hingga 3 hari kerja ke Amerika Serikat dan Eropa.
FICP menawarkan sejumlah manfaat utama bagi pemilik bisnis online dan pelanggan. Pertama, nilai yang lebih besar, FICP memungkinkan bisnis memperoleh harga yang lebih murah serta pengiriman tepat waktu kepada para pelanggan dengan mencocokkan penawaran menarik yang sesuai dengan kebutuhan pengiriman mereka.
Kedua, fleksibilitas dan kontrol. Selain pengantaran ke rumah, dengan layanan FCIP, pemilik bisnis online dapat memberikan pilihan kepada para pelanggan mereka untuk mengambil sendiri paket mereka dari ratusan lokasi pengambilan yang tersedia, juga opsi untuk mengubah tanggal dan lokasi pengiriman.
Ketiga, integrasi yang mudah. Solusi otomatisasi pengiriman online dan offline tersedia bagi pemilik bisnis online untuk menikmati pengalaman paperless (menggunakan kertas seminimal mungkin dengan beralih ke digitalisasi dokumen).
Terakhir, FedEx menghadirkan fitur pelacakan yang canggih untuk memberikan visibilitas kepada pemilik bisnis online dan pelanggan mereka di seluruh rangkaian proses pengiriman.
"FedEx bukan hanya penyedia layanan logistik, kami merupakan mitra terpercaya yang berdedikasi untuk memberdayakan UMKM dan bisnis e-commerce lokal Indonesia dengan portofolio solusi logistik yang komprehensif serta alat digital yang canggih. Kami membantu bisnis lokal untuk mencapai tingkat yang lebih tinggi dan memasuki pasar global dengan berani," ujar Garrick Thompson, Managing Director FedEx Indonesia.
Peluncuran FedEx® International Connect Plus merupakan komitmen FedEx untuk melayani pelanggan dengan lebih baik dan mempercepat pertumbuhan e-commerce antarnegara di kawasan yang dinamis.
Layanan ini bukan hanya membantu menyederhanakan proses ekspor, tetapi juga akan membantu bisnis di Indonesia untuk menjangkau pasar global dengan lebih efektif, yang pada akhirnya akan meningkatkan pengalaman pelanggan mereka.
Lebih lanjut, FICP hadir dengan keandalan layanan pengiriman internasional FedEx yang memiliki jaminan kepastian pengiriman, serta ditambah dengan keandalan dalam pengurusan bea cukai.
FICP juga menawarkan bukti pengiriman bergambar untuk memberikan konfirmasi visual pengiriman dan meyakinkan penerima bahwa paket mereka telah terkirim, meskipun pelanggan tidak berada di rumah untuk menerimanya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Belinda Safitri
Editor: Belinda Safitri
Tag Terkait:
Advertisement