Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jadi Sektor Andalan, Aloshop Siap Dukung UMKM Go Global

Jadi Sektor Andalan, Aloshop Siap Dukung UMKM Go Global Kredit Foto: Aloshop
Warta Ekonomi, Jakarta -

Meskipun Indonesia menghadapi berbagai tantangan ekonomi, proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2025 ini masih menunjukkan angka yang stabil di kisaran 5%. Bank Indonesia hingga lembaga internasional seperti IMF dan Bank Dunia memperkirakan pertumbuhan antara 4,7% hingga 5,5%.

Hal ini tetap menggambarkan prospek yang cerah bagi ekonomi nasional, melihat proyeksi nilai transaksi e-commerce di Indonesia pada tahun 2025 menunjukkan tren pertumbuhan yang signifikan. Prediksi Gross Merchandise Value (GMV) e-commerce Indonesia berdasarkan datadari Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), Google, Temasek, dan Bain & Company hingga eCommerceDB akan mencapai antara US$ 85 miliar hingga US$ 120 miliar (sekitar Rp 1.800 triliun), dengan pertumbuhan sekitar 20%-25% dari tahun sebelumnya.

Seiring dengan pertumbuhan e-commerce yang pesat, peran UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) dalam ekosistem digital memberikan kontribusi cukup besar terhadap nilai transaksi e-commerce secara keseluruhan, melalui peningkatan jumlah UMKM yang beralih ke platform digital. UMKM merupakan sektor yang mendominasi struktur ekonomi Indonesia dan menjadi tulang punggung perekonomian nasional. Pasalnya, UMKM yang berjumlah 64,2 juta ini memberikan kontribusi sebesar 61,07% terhadap PDB Indonesia atau senilai Rp8.573,89 triliun.

Baca Juga: Dorong Transformasi UMKM, SRC Gelar Pesta Retail Daerah 2025 di 11 Kota

Selaras dengan Asta Cita Presiden Prabowo, untuk berkomitmen penuh dalam mendukung pertumbuhan ekonomi kerakyatan melalui UMKM, Aloshop, ecommerce enabler asal Indonesia menghadirkan solusi nyata untuk ekonomi kerakyatan, pembangunan berkelanjutan, hingga kontribusinya bagi Indonesia.

Aloshop, menerapkan strategi khusus, yakni 'Blue Ocean Strategy' dengan menciptakan pasar baru dan memberikan solusi inovatif bagi bisnis yang ingin masuk ke ranah e-commerce tanpa harus membangun infrastruktur sendiri. Hal ini dapat mendukung UMKM untuk segera naik kelas karena mendapatkan akses pembiayaan proses jual beli yang lebih mudah.

Selanjutnya, strategi Aloshop ini sangat mendukung pembangunan berkelanjutan yang terintegrasi bagi UMKM melalui Shipper Group, perusahaan akselerator bisnis logistik digital4PL yang juga menyediakan jasa e-commerce enabler, yang hadir sebagai solusi bagi pelaku usaha untuk menyederhanakan proses operasional mereka menjadi terintegrasi dalam satu layanan platform untuk mengakselerasi sistem penjualan, packaging, hingga shipping, yangdapat mempermudah proses hilirisasi industri dan transportasi yang lebih efisien.

Hingga pada akhirnya, melalui strategi Aloshop, UMKM dapat berkontribusi nyata untuk negara dengan memperoleh pendapatan yang semakin meningkat dan mandiri secara bisnis hingga berhasil menghadirkan lapangan kerja baru. Strategi ini sesuai dengan konsep Blue Ocean, yang menekankan pada inovasi nilai danmenciptakan ruang pasar yang belum dimanfaatkan, sehingga menghindari persaingan langsung di Red Ocean yang sudah penuh dengan kompetitor.

"Aloshop selalu siap mendukung Asta Cita ekonomi kerakyatan Pak Prabowo, terutama melalui UMKM, kami selalu siap untuk menjadi partner bagi UMKM Indonesia untuk sama-sama bertumbuh dalam meningkatkan skala bisnisnya dan menguasai pasar Indonesia hingga ke Asia," ujar Jessica Hendrawidjaja, Chief Innovation Officer (CIO) Shipper Group dan Aloshop Indonesia dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (4/3/2025).

Sejak didirikan pada tahun 2023 hingga kini, Aloshop telah mendukung ratusan brand lokal dari berbagai industri di Indonesia, yakni brand lokal dari skala UMKM hingga ke level enterprise, dalam mengoptimalkan penjualan di berbagai marketplace. Melalui layanan terpadu yang mencakup operasional, digital marketing, dan live commerce, Aloshop membantu brand meningkatkan visibilitas, mempercepat pertumbuhan, serta memaksimalkan potensi bisnis mereka di ekosistem digital yang terus berkembang.

Dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif, pada tahun 2024 lalu, melalui ‘WiraMuda Academy’, program kerjasama Kemenpora dengan Kemendikbudristek, Aloshop berpartisipasi penuh dengan mengelola seluruh peserta terpilih dalam WiraMuda Academy sepanjang tahun 2024.

Baca Juga: RI Perkuat Kerja Sama dengan ERIA, Sasar Peningkatan Peran UMKM di Pasar Global

Ke depannya, Aloshop sangat siap mendukung program Kementerian UMKM dalam programnya untuk mengaktivasi peran perguruan tinggi dalam pengembangan UMKM sebagai motor penggerak ekonomi nasional. Terlebih melalui program WiraMuda Academy sebelumnya, Aloshop secara tidak langsung sudah memiliki playbook dalam mendukung pertumbuhan Generasi Emas 2045 melalui pendidikan bisnis online.

"Terakhir, Aloshop juga selalu siap untuk berkontribusi langsung dalam berbagai program pemerintah lainnya untuk UMKM dalam berbagai aplikasi seperti, 'Naksir UMKM' dari Kementerian BUMN untuk mengidentifikasi profil UMKM dan memberikan pendampingan yangsesuai dan aplikasi 'Master Bagasi' dari Kementerian Perdagangan untuk memperkuat ekspor produk asli Indonesia atau untuk memasarkan produk UMKM ke pasar global," tutup Jessica.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman

Advertisement

Bagikan Artikel: