Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tingkatkan Kompetensi SDM Pariwisata, Kemenpar-Mastercard Gelar Pelatihan Ini untuk ASN

Tingkatkan Kompetensi SDM Pariwisata, Kemenpar-Mastercard Gelar Pelatihan Ini untuk ASN Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Jakarta -

Akselerasi pengembangan dan peningkatan kompetensi sekaligus keterampilan utama dalam pemasaran pariwisata bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) baik di tingkat pusat maupun daerah, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bersama Mastercard berkolaborasi menyelenggarakan Strategic Tourism Training.

Strategic Tourism Training merupakan sinergi positif pertama antara Kemenpar dengan dengan Mastercard melalui kerja sama program Strategic Partnership Towards Tourism 5.0.

Baca Juga: Prabowo Putuskan Indonesia Gabung Bank Besutan BRICS (NDB), Sri Mulyani Bakal Sinergikan dengan Danantara

“Kami berharap kolaborasi yang strategis dengan Mastercard ini dapat berkontribusi dalam peningkatan kompetensi SDM sektor pariwisata baik di pusat maupun daerah,” kata Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata, Martini M. Paham, dikutip dari siaran pers Kemenpar, Rabu (26/3).

Pelatihan yang telah berlangsung pada 18–19 Maret 2025 ini diselenggarakan secara hybrid dengan jumlah total 20 jam pelatihan yang dihadiri para fasilitator dari Mastercard. Martini hadir memberikan sambutan di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (18/3/2025), dalam pembukaan acara itu.

Adapun peserta yang hadir mencakup perwakilan ASN dari Kabupaten/Kota, ASN BPSDM Provinsi yang telah terakreditasi, JF (Jabatan Fungsional) Adyatama Nasional dari Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat, serta para ASN pada Badan Pengelola Otorita dan Politeknik Pariwisata di lingkungan Kementerian Pariwisata.

Asdep Peningkatan Kapasitas SDM Aparatur dan Pendidikan Vokasi Andar Danova L. Goeltom menjelaskan, pelatihan Strategic Tourism Training, menitiberatkan pada beberapa hal di antaranya digitalization of the traveler journey, win-win partnership as a catalyst, dan key corridors for foreign tourists.

Untuk itu, para peserta dibekali dengan pengetahuan terkini agar dapat lebih kompeten dalam mendukung program prioritas Kementerian Pariwisata yang meliputi:

1. Penentuan koridor prioritas target wisatawan mancanegara.

2. Meningkatkan pengalaman berwisata yang relevan dengan segmen wisatawan kategori bahari, kuliner, wellness, dan luxury.

3. Penyelarasan strategi pemasaran pariwisata bersama melalui platform Priceless dan Indonesia.travel secara menyeluruh.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ulya Hajar Dzakiah Yahya
Editor: Ulya Hajar Dzakiah Yahya

Advertisement

Bagikan Artikel: