Ini Deretan Negara yang Gemar Beli Produk Indonesia! Produk Fashion yang Paling Laris
Kredit Foto: Istimewa
Malaysia, Filipina, dan Singapura tercatat sebagai tiga negara dengan permintaan tertinggi terhadap produk lokal Indonesia yang dijual melalui platform e-commerce Shopee. Ketiganya menjadi destinasi utama dalam program ekspor UMKM yang dijalankan Shopee sejak 2019.
Deputy Director of Government Relations Shopee Indonesia, Balques Manisang, menyatakan tren tersebut mencerminkan daya saing produk lokal di pasar internasional, khususnya di kawasan Asia Tenggara.
“Ada3 (negara) ekspor terpopuler, yaitu Malaysia, Filipina, dan Singapura,” kata Balques dalam Peluncuran Program Ekspor Shopee 2.0, Selasa (1/7/2025).
Baca Juga: Shopee Catat Ekspor 60 Juta Produk UMKM Lokal, Malaysia-Filipina Jadi Tujuan Utama
“Ini membuktikan ya bahwa produk lokal memiliki daya saing dan kualitas yang bisa bersaing juga global. Jadi, bukan hanya di rumah sendiri saja itu, tapi di luar sana juga kita bisa bersaing,” tambahnya.
Sejak diluncurkan pada 2019, program ekspor Shopee telah mengirimkan total 60 juta produk lokal ke pasar luar negeri. Dari jumlah tersebut, 10 juta produk diekspor hanya dalam enam bulan pertama 2025, menandakan meningkatnya minat pasar global terhadap produk Indonesia.
Baca Juga: Shopee Tunggu Kepastian Pemerintah Soal Pajak E-Commerce
Balques menjelaskan bahwa kategori produk yang paling diminati mencakup fashion, perlengkapan rumah, dan keperluan olahraga. Sebelumnya, ekspor didominasi oleh fashion muslim, namun kini variasi produk semakin luas mengikuti tren global.
“Ini sudah berjalan dan kita tahu ada 3 kategori yang menjadi produk ekspor teratas. Yang paling banyak diminati, misalnya seperti fashion, perlengkapan rumah, dan keperluan olahraga. Kalau dulu mungkin kita yang paling banyak diekspor itu produk fashion muslim, sekarang bertambah Pak, sudah ada fashion, perlengkapan rumah, dan keperluan olahraga,” jelasnya.
Saat ini, program ekspor Shopee telah menjangkau delapan negara di Asia Tenggara, Asia Timur, dan Amerika Latin. Ekspansi ini membuka peluang baru bagi UMKM nasional untuk memperluas jangkauan pasar dan mendongkrak kontribusi terhadap perekonomian Indonesia.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Ida Umy Rasyidah
Editor: Annisa Nurfitri
Tag Terkait:
Advertisement