Kredit Foto: BNI
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) dan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (Bea Cukai) menggelar kegiatan Wondrful Gathering untuk mendorong percepatan ekspor dan digitalisasi dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Purwokerto, Jawa Tengah. Kegiatan ini menjadi bagian dari rangkaian peringatan dari Hari Ulang Tahun ke-79 BNI.
Regional Chief Executive Officer (RCEO) Bank Negara Indonesia Wilayah Yogyakarta, Ariyanto Soewondo Geni, menegaskan bahwa usaha menengah lokal merupakan tulang punggung perekonomian nasional dengan kontribusi lebih dari 60% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Namun, kontribusi mereka terhadap ekspor nasional baru mencapai sekitar 15%.
Baca Juga: Dukung Digitalisasi Pembayaran, BNI Kembali Hadirkan Program Belanja Ini
“Lewat kemitraan strategis serta solusi transactional, kami ingin mendorong lebih banyak usaha menengah lokal naik kelas dan menembus pasar global,” ujar Ariyanto, dilansir Selasa (15/7).
Purwokerto dipilih sebagai lokasi acara karena memiliki potensi besar di sektor agribisnis, kuliner, dan kerajinan tangan. Ariyanto berharap sinerginya dapat membantu usaha menengah lokal dalam mengatasi berbagai hambatan teknis dan regulasi ekspor.
“BNI dan Bea Cukai bersama-sama memberikan pendampingan menyeluruh, mulai dari aspek perizinan hingga akses pasar global, agar mereka dapat berkembang secara berkelanjutan,” ungkapnya.
Ariyanto juga menekankan bahwa inisiatif ini menjadi contoh nyata sinergi antara sektor perbankan, pemerintah, dan pelaku usaha dalam menciptakan ekosistem usaha menengah lokal yang adaptif, digital, dan berdaya saing global, khususnya di Jawa Tengah.
“BNI menargetkan peningkatan signifikan jumlah UMKM yang siap ekspor serta penguatan fondasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan,” ujarnya.
Adapun Kepala Kantor Bea Cukai Purwokerto, Dwijanto Wahjudi mengapresiasi kolaborasi lintas sektor ini sebagai dukungan konkret bagi pertumbuhan ekspor dari UMKM.
“Legalitas dan sertifikasi adalah langkah awal yang krusial. Bersama, kami berupaya membekali mereka agar mampu bersaing secara global,” jelas Dwijanto.
Baca Juga: Gunakan Kartu BNI, Nasabah Bisa Dapat Promo Spesial di PIK hingga Kelapa Gading
Ia juga membagikan strategi untuk menembus pasar internasional, seperti memanfaatkan e-commerce global, menjalin kemitraan dengan distributor, dan mengikuti pameran dagang internasional. Menurutnya, ekspor bukan hanya soal transaksi jual beli, tetapi juga membangun reputasi dan kepercayaan jangka panjang.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Aldi Ginastiar
Tag Terkait:
Advertisement