Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemenpar Perkuat Promosi Pariwisata di Pasar Singapura

Kemenpar Perkuat Promosi Pariwisata di Pasar Singapura Kredit Foto: Reuters/Edgar Su
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mengikuti  pameran pariwisata business-to-consumer (b2c) berskala internasional bertajuk "NATAS Holidays 2025” yang diselenggarakan pada 15–17 Agustus 2025 di Singapore Expo, Singapura.

Keikutsertaan dalam pameran tersebut merupakan  wujud nyata komitmen Indonesia dalam memperkuat promosi pariwisata di pasar Singapura, salah satu pasar utama bagi kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

Baca Juga: Kemenpar Promosikan Kekayaan Seni dan Budaya Bangsa pada HUT ke-80 RI

Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata, Ni Made Ayu Marthini, mengatakan hingga Juni 2025, jumlah kunjungan wisatawan asal Singapura ke Indonesia tercatat mencapai lebih dari 708 ribu orang, meningkat 5,64 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2024.

Peningkatan ini mencerminkan tingginya minat wisatawan Singapura terhadap destinasi Indonesia yang semakin beragam, berkualitas, dan sesuai tren kebutuhan berwisata.

"Dengan keikutsertaan Indonesia di NATAS Holidays 2025 diharapkan dapat mendorong peningkatan kedatangan wisatawan Singapura ke Indonesia sehingga target sebanyak 1,8 juta bisa dicapai," kata Ni Made, dikutip dari siaran pers Kemenpar, Selasa (19/8).

Partisipasi Indonesia kali ini mengusung tema "Discover Wellness and Serenity of Indonesia". Yang menyoroti potensi besar wellness tourism sekaligus memperkenalkan 10 Destinasi Super Prioritas (DSP) kepada masyarakat Singapura melalui penjualan paket wisata ke destinasi-destinasi tersebut dan pemutaran video promosi 10 Destinasi Prioritas Pariwisata (DPP) di Paviliun Indonesia.

Paviliun Wonderful Indonesia menempati area seluas 108 m² di Hall 6, Booth 6H14. Paviliun tersebut merupakan hasil kolaborasi antara Kementerian Pariwisata bersama KBRI Singapura, serta 15 pelaku industri pariwisata dari berbagai daerah seperti Kepulauan Riau, Jakarta, Yogyakarta, dan Bali.

Adapun sejumlah peserta yang terlibat di dalam pameran ini datang dari biro perjalanan wisata, penyedia akomodasi, dan layanan transportasi, yaitu AlamKulKul Boutique Resort, The Ascott Limited Indonesia, Natra Bintan – Tribute Portfolio, The Westin Nirup Island Resort & Spa Batam, Double Six Luxury Hotel Seminyak, Four Points by Sheraton Bintan, Lisa Tours and Travel, PT. Satguru Travel and Tours, PT. Eka Wisata Buana, PT. Bintan Panorama Pratama Tour & Travel, Yoga Barn, Batam Adventure Park, PT. Kereta Api Indonesia (KAI), KAI Wisata, dan Garuda Indonesia.

Untuk memperkaya pengalaman pengunjung, juga tersedia wellness corner hasil kolaborasi dengan The Westin Nirup Island, coffee corner yang menyajikan kopi khas Nusantara seperti Flores, Mandailing, dan Toraja, serta promosi jamu tradisional Indonesia dengan kemasan modern hasil kolaborasi dengan Acaraki.

Selain itu, pengunjung yang telah membeli paket wisata ke Indonesia juga berkesempatan mengikuti program undian berhadiah Trip to Indonesia, hasil kolaborasi dengan Garuda Indonesia dan KAI Wisata yang akan diundi pada hari terakhir pameran sebagai bagian dari perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-80 Kemerdekaan Republik Indonesia.5

Partisipasi Indonesia di NATAS Holidays 2025 juga menjadi bagian dari rangkaian aktivitas soft launching kampanye global #GoBeyondOrdinary sebuah ajakan bagi wisatawan untuk menjelajahi Indonesia lebih dari sekadar destinasi indah.

Kampanye ini menunjukkan tiga pilar quality tourism yaitu wellness, marine, dan gastronomy dengan fokus pada keberlanjutan, pengalaman autentik, dan interaksi mendalam antara wisatawan, alam, dan budaya. Melalui narasi “Discover the Living of the Wonders”, wisatawan diajak menyelami kekayaan alam, keramahan masyarakat, cita rasa kuliner, dan keajaiban budaya yang hanya dapat ditemukan di Indonesia.

“Kenaikan jumlah wisatawan asal Singapura menjadi sinyal positif bahwa Indonesia tetap menjadi destinasi pilihan di kawasan. Melalui NATAS Holidays 2025 dan kampanye #GoBeyondOrdinary, kami ingin semakin mendekatkan diri kepada masyarakat Singapura dan menginspirasi mereka untuk menjelajahi berbagai pengalaman wisata unik yang ditawarkan Indonesia,” ujar Ni Made Ayu Marthini.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ulya Hajar Dzakiah Yahya
Editor: Ulya Hajar Dzakiah Yahya

Advertisement

Bagikan Artikel: