Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sajikan Informasi JKN Mudah Dipahami, Media Sosial BPJS Kesehatan Sabet Anugerah Humas Indonesia 2025

Sajikan Informasi JKN Mudah Dipahami, Media Sosial BPJS Kesehatan Sabet Anugerah Humas Indonesia 2025 Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Komitmen untuk menyajikan informasi yang jernih dan mudah diakses publik kembali membawa pengakuan bergengsi bagi BPJS Kesehatan. Melalui ajang The 7th Anugerah Humas Indonesia (AHI) Awards 2025, media sosial lembaga ini dinobatkan sebagai yang terbaik karena dinilai sukses menerjemahkan kompleksitas layanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) ke dalam bahasa yang merakyat.

Kemenangan ini menegaskan jangkauan BPJS Kesehatan di berbagai platform digital. Tak tanggung-tanggung, tiga kanal media sosial andalannya yakni Instagram, YouTube, dan TikTok berhasil menyabet penghargaan dalam kategori Kanal Digital Subkategori Media Sosial, membuktikan strategi komunikasi yang luas dan efektif.

M. Iqbal Anas Ma’ruf, Deputi Direksi Bidang Komunikasi Organisasi BPJS Kesehatan, menyebut pencapaian ini adalah buah dari kepercayaan publik. Ia menegaskan bahwa penghargaan tersebut merupakan cerminan komitmen untuk terus menjadi rujukan informasi JKN yang cepat dan setara, serta mendedikasikan kemenangan ini untuk seluruh peserta di penjuru Indonesia.

Baca Juga: BPJS Kesehatan Klaim Kepuasan Peserta JKN Naik, Aduan Turun Tajam

“Media sosial bagi BPJS Kesehatan bukan sekedar ruang promosi, tetapi juga jembatan komunikasi dengan masyarakat. Kami sadar, peserta JKN butuh akses informasi yang cepat, akurat, dan mudah dipahami. Karena itu, kami terus berinovasi dalam menyajikan konten yang solutif sekaligus humanis. Penghargaan ini kami dedikasikan untuk seluruh peserta JKN yang menjadi inspirasi kami,” ungkap Iqbal, Kamis (25/09).

Iqbal menyebut di tengah tingginya kebutuhan masyarakat terhadap informasi layanan kesehatan, media sosial BPJS Kesehatan menjadi salah satu rujukan utama. Langkah ini juga menjadi bagian dari komitmen BPJS Kesehatan dalam mendorong keterbukaan informasi publik, khususnya melalui pemanfaatan media sosial sebagai sarana komunikasi dua arah yang efektif dan mudah diakses oleh seluruh lapisan masyarakat.

“Pengelolaan kehumasan menjadi aspek penting dalam penyebaran informasi mengenai apa saja yang menjadi kebutuhan masyarakat. Saat ini juga kami mengoptimalkan fitur live di TikTok agar masyarakat semakin mudah menjangkau layanan informasi secara komprehensif, murah dan menjangkau luas seluruh lapisan masyarakat Indonesia,” tambah Iqbal.

BPJS Kesehatan juga tetap menyiapkan layanan digital lainnya, seperti Aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 165, chat whatsapp Pandawa di 08118165165. Upaya ini juga dilakukan untuk memberi kemudahan peserta BPJS Kesehatan dalam mengakses informasi melalui kanal digital.

Founder dan CEO PR Indonesia, Asmono Wikan menyebut komunikasi bukan hanya menjadi elemen strategis dalam sebuah organisasi melainkan bagian yang fundamental dalam mencapai keberhasilan. Menurutnya, keberhasilan dalam pengelolaan komunikasi publik dapat berdampak terhadap kemajuan organisasi.

Baca Juga: Edukasi Program JKN, 19 Jurnalis Terima Apresiasi dari BPJS Kesehatan Lewat Lomba Karya Jurnalistik 2025

Ia meyakini bahwa seluruh organisasi harus memiliki komunikasi yang handal dan kredibel. Dengan adanya kemampuan komunikasi yang baik, hal tersebut bisa memberikan reputasi yang baik pula bagi organisasi.

“Mari kita pastikan bahwa organisasi kita mampu menghadirkan komunikasi yang kredibel dan mampu menjaga harkat kemanusiaan masyarakatnya. Seluruh organisasi juga harus menjaga akuntabilitas dan keterbukaan informasi bagi publik, sehingga kita bersama-sama menjadi negara yang terus maju,” tambah Asmono.

Pelaksanaan penganugerahan tersebut mulai dilaksanakan sejak Oktober 2024 hingga Juli 2025 dengan melibatkan sejumlah Dewan Juri Presentasi yaitu Asmono Wikan (CEO PR INDONESIA Group), Titis Widyatmoko (Editor in chief Liputan6.com), dan Tuhu Nugraha (Principal at IADERN).

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: