Kemenpar Perkuat Posisi Wonderful Indonesia Sebagai Destinasi Pariwisata Autentik dan Berkelanjutan
Kredit Foto: Dok. Kemenpar
Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mengambil langkah strategis dalam memperkuat posisi Wonderful Indonesia sebagai destinasi pariwisata yang autentik, berkelanjutan, dan berkualitas tinggi.
Hal tersebut adalah dengan meluncurkan kampanye internasional bertajuk Go Beyond Ordinary yang dilakukan Menteri Pariwisata (Menpar) Widiyanti Putri Wardhana di ajang World Travel Market (WTM) London 2025, salah satu pameran pariwisata terbesar di dunia.
Baca Juga: Indonesia Siap Masuki Masa Depan Industri Berkelanjutan
“Melalui Go Beyond Ordinary, kami ingin dunia melihat bahwa Indonesia bukan sekadar destinasi, tetapi sebuah tujuan perjalanan emosional tentang kekayaan rasa kuliner, kehangatan masyarakat, dan kedamaian alam yang menenangkan,” ujar Menteri Pariwisata Widiyanti di Paviliun Indonesia WTM London 2025, Rabu kemarin, dikutip dari siaran pers Kemenpar, Jumat (7/11).
Kamnapenye ini menegaskan arah baru promosi pariwisata Indonesia yang mengedepankan pengalaman bermakna, sejalan dengan tren global terhadap authentic dan purposeful travel experiences.
Menteri Pariwisata mengatakan, Go Beyond Ordinary menjadi bagian dari inisiatif nasional “Pariwisata Naik Kelas”, yang menempatkan kualitas dan keberlanjutan sebagai inti pengembangan industri. “Kami ingin pertumbuhan pariwisata yang tidak hanya mengejar angka kunjungan, tetapi juga meninggalkan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan. That is the essence of Go Beyond Ordinary,” katanya.
Kampanye ini akan digaungkan di pasar utama Indonesia mencakup Inggris, Jerman, Prancis, dan Belanda melalui strategi digital storytelling, kolaborasi lintas industri, serta promosi terpadu di berbagai platform.
Tiga pilar utama yang menjadi kekuatan narasi Indonesia dalam kampanye ini adalah gastronomy, wellness, dan marine tourism sebagai tiga elemen yang mencerminkan harmoni budaya, alam, dan kreativitas bangsa.
Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata, Ni Made Ayu Marthini, menuturkan bahwa pilar-pilar tersebut memperkuat citra Indonesia sebagai destinasi berkarakter, berdaya saing global, dan berakar pada nilai-nilai lokal.
“Keindahan bahari kita bukan hanya tentang laut dan pantai, tetapi tentang kehidupan yang selaras dengan alam. Begitu pula gastronomi dan wellness, semuanya lahir dari filosofi keseimbangan dan penghormatan terhadap budaya,” ujarnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Ulya Hajar Dzakiah Yahya
Editor: Ulya Hajar Dzakiah Yahya
Advertisement