Market Indices

Turis Indonesia Ditunggu di Shanghai

Oleh Ihsan - Rubrik Internasional

05 Mei 2013 23:00:00 WIB

WE.CO.ID Wakil Direktur Badan Pariwisata Shanghai Yang Jinshong mengatakan pihaknya mengharapkan makin banyak wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Shanghai.

"Kami berharap turis Indonesia lebih banyak berkunjung ke Shanghai," katanya, saat bertemu Duta Besar RI untuk China merangkap Mongolia Imron Cotan di Shanghai, Jumat malam.

Jingshong menambahkan pihaknya sangat menyambut positif adanya layanan imigrasi dalam penerbangan maskapai Garuda Indonesia rute Shanghai-Jakarta mulai Sabtu ini.

Ia mengatakan layanan imigrasi dalam penerbangan Shanghai-Jakarta, sangat inovatif dalam layanan penerbangan. Penggguna jasa penrbangan, terutama turis dari Shanghai akan sangat nyaman dengan adanya layanan tersebut.

"Dengan layanan yang semakin nyaman itu, diharapkan jumlah turis kedua negara utamanya dari Shanghai ke Indonesia akan semakin banyak pula,?.

Duta Besar RI untuk China merangkap Mongolia Imron Cotan mengatakan kegiatan pariwisata kedua negara semakin meningkat dari waktu ke waktu." Jumlah kunjungan wisatawan China ke Indonesia dari tahun ke tahun juga terus mengalami peningkatan. Dari 2010 hingga 2011 terjadi peningkatan hampir tiga kali lipat, katanya.

Imron mengatakan meningkatnya jumlah kunjungan turis ke dua negara akan dapat menjadi alat memperkokoh hubungan antar masyarakat, yang berujung pula pada kokohnya hubungan bilateral ke dua negara, terlebih di Indonesia terdapat sekitar 20 juta warga keturunan Tionghoa.

"Indonesia dan China telah sepakat menjadi mitra strategis pada April 2005, dan sejak itu hubungan kedua negara semakin meningkat dan meluas ke berbagai bidang, termasuk pariwisata," katanya.

Jumlah turis China ke Indonesia pada 2010 tercatat 260.000 orang, meningkat menjadi 850.000 pada 2012. Pemerintah Indonesia pada 2013 menargetkan jumlah kunjungan wisatawan China sebanyak satu juta orang.

Sementara itu Direktur Layanan Garuda Indonesia Faik Fahmi mengatakan China merupakan salah satu pasar potensial.

"Shanghai menjadi salah satu destinasi yang terkenal bagi warga Indonesia. Karena itu selain untuk meningkatkan pelayanan kepada penumpang, 'imigrasi on board' untuk rute Shanghai-Jakarta juga bertujuan mendukung target wisatawan China sebanyak satu juta orang pada 2013. Karena dengan layanan yang semakin prima, jumlah turis pun akan dapat diraih lebih banyak," katanya.

Selain Shanghai, saat ini Garuda Indonesia melayani beberapa rute penerbangan ke China yaitu Jakarta - Guangzhou, Jakarta - Beijing. (Antara)


Foto: wikitravel.org

Recomended Reading

Jum'at, 31/10/2014 02:43 WIB

Hati-Hati, Aluminium Bisa Bikin Sperma Tidak Subur

Jum'at, 31/10/2014 10:01 WIB

Peningkatan Investasi Kunci Pertumbuhan Ekonomi 2015

Jum'at, 31/10/2014 10:46 WIB

Tiga Isu Menanti Kabinet Jokowi

Executive Brief

Ketum PDI-P Megawati tunjuk Hasto Kristiyanto sebagai Plt. Sekjen gantikan Tjahjo Kumolo.

Wakil Ketua MPR Oesman Sapta minta pemerintahan Jokowi fokus pembangunan daerah.

BEI akan kembangkan sistem elektronik untuk pemesanan IPO.

Bank Permata bukukan laba sebesar Rp 5,32 triliun sepanjang kuartal III-2014.

Nigeria akan kerahkan 506 relawan kesehatan ke tiga negara Afrika Barat yang dilanda Ebola.

Friederich Batari minta SBY cari solusi penyelamatan Jurnal Nasional yang akan ditutup, Sabtu (1/11).

Entertainment

30 Oktober 2014 - Olahraga

Swansea Banding Atas Kartu Merah Fernandez

30 Oktober 2014 - Entertainment & Life Style

Ingin Tambah Romantis? Lakukan Posisi Seks Ini Ladies

29 Oktober 2014 - Olahraga

PSS Sleman-PSIS Semarang Didiskualifikasi