Market Indices

Turis Indonesia Ditunggu di Shanghai

Rubrik Internasional

05 Mei 2013 23:00:00 WIB

WE.CO.ID Wakil Direktur Badan Pariwisata Shanghai Yang Jinshong mengatakan pihaknya mengharapkan makin banyak wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Shanghai.

"Kami berharap turis Indonesia lebih banyak berkunjung ke Shanghai," katanya, saat bertemu Duta Besar RI untuk China merangkap Mongolia Imron Cotan di Shanghai, Jumat malam.

Jingshong menambahkan pihaknya sangat menyambut positif adanya layanan imigrasi dalam penerbangan maskapai Garuda Indonesia rute Shanghai-Jakarta mulai Sabtu ini.

Ia mengatakan layanan imigrasi dalam penerbangan Shanghai-Jakarta, sangat inovatif dalam layanan penerbangan. Penggguna jasa penrbangan, terutama turis dari Shanghai akan sangat nyaman dengan adanya layanan tersebut.

"Dengan layanan yang semakin nyaman itu, diharapkan jumlah turis kedua negara utamanya dari Shanghai ke Indonesia akan semakin banyak pula,?.

Duta Besar RI untuk China merangkap Mongolia Imron Cotan mengatakan kegiatan pariwisata kedua negara semakin meningkat dari waktu ke waktu." Jumlah kunjungan wisatawan China ke Indonesia dari tahun ke tahun juga terus mengalami peningkatan. Dari 2010 hingga 2011 terjadi peningkatan hampir tiga kali lipat, katanya.

Imron mengatakan meningkatnya jumlah kunjungan turis ke dua negara akan dapat menjadi alat memperkokoh hubungan antar masyarakat, yang berujung pula pada kokohnya hubungan bilateral ke dua negara, terlebih di Indonesia terdapat sekitar 20 juta warga keturunan Tionghoa.

"Indonesia dan China telah sepakat menjadi mitra strategis pada April 2005, dan sejak itu hubungan kedua negara semakin meningkat dan meluas ke berbagai bidang, termasuk pariwisata," katanya.

Jumlah turis China ke Indonesia pada 2010 tercatat 260.000 orang, meningkat menjadi 850.000 pada 2012. Pemerintah Indonesia pada 2013 menargetkan jumlah kunjungan wisatawan China sebanyak satu juta orang.

Sementara itu Direktur Layanan Garuda Indonesia Faik Fahmi mengatakan China merupakan salah satu pasar potensial.

"Shanghai menjadi salah satu destinasi yang terkenal bagi warga Indonesia. Karena itu selain untuk meningkatkan pelayanan kepada penumpang, 'imigrasi on board' untuk rute Shanghai-Jakarta juga bertujuan mendukung target wisatawan China sebanyak satu juta orang pada 2013. Karena dengan layanan yang semakin prima, jumlah turis pun akan dapat diraih lebih banyak," katanya.

Selain Shanghai, saat ini Garuda Indonesia melayani beberapa rute penerbangan ke China yaitu Jakarta - Guangzhou, Jakarta - Beijing. (Antara)


Foto: wikitravel.org

Editor: Ihsan

Recomended Reading

Jum'at, 22/05/2015 17:36 WIB

Moeldoko Dukung Keterlibatan TNI untuk Kepentingan Rakyat

Jum'at, 22/05/2015 00:11 WIB

Jokowi Diminta Tuntaskan Agenda Reformasi

Jum'at, 22/05/2015 18:04 WIB

Hummels Tak Tertarik Gabung ke MU

Executive Brief

Pemkab Minahasa minta warganya waspadai peredaran beras sintesis.

BRI yakin target pertumbuhan bisnis remitansi sepanjang 2015 akan terlampaui.

OJK minta manajemen Bank Sumut tingkatkan kinerja untuk tahun 2015.

OJK: Dua BPR di Sulut terancam jadi lembaga keuangan mikro.

Allianz Life: Perlambatan ekonomi tak pengaruhi pengembangan bisnis perusahaan.

Kemendagri dorong pemerintah daerah dan DPRD berikan suntikan modal ke BPD.

OJK: Laku Pandai akan mampu turunkan beban operasional bank.

Ditjen Pajak optimis realisasi penerimaan pajak hingga akhir tahun 2015 akan meningkat.

Mitra Pinasthika telah realisasikan dana IPO sekitar 88 persen.