Market Indices

INI: Putusan MK Munculkan Keresahan Kalangan Notaris

Rubrik Nasional

30 Mei 2013 20:01:00 WIB

WE.CO.ID - Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 49/PUU-X/2013 tertanggal 28 Mei 2013 terkait penghapusan hak istimewa notaris dalam memberikan keterangan kepada polisi dinilai memunculkan keresahan di kalangan notaris.

Ketua Umum Ikatan Notaris Indonesia (INI) Adrian Djuani di Jakarta, Kamis (30/5/2013) mengatakan, pihaknya menyesalkan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menghapuskan materi salah satu pasal Undang-Undang No 30/2004 tentang jabatan notaris, karena MK tidak melibatkan para notaris dalam mengambil keputusan tersebut.

"Kami tidak ada maksud untuk menentang atau menolak keputusan MK, kami hanya menyesalkan karena tidak dilibatkan dalam proses. Padahal kami usernya, bahkan tahu juga tidak. Ternyata, kasus sudah berjalan setahun lalu sejak Mei 2012 dan diputus kemarin (28/5)," katanya.

Melalui putusan MK tersebut, tambahnya, majelis hakim MK telah menghapus isi pasal 66 UU Jabatan Notaris dimana maksud dalam materi itu mengatur kalau pemanggilan notaris oleh polisi (penyidik) harus mendapat izin dari majelis pengawas daerah (MPD).

"Padahal majelis ini perpanjangan tangan negara (KemenkumHam) dalam rangka pembinaan, pengawasan notaris. Itu tugas pokoknya," katanya.

Menurut Adrian, tugas MPD itu melakukan pemeriksaan terhadap seorang notaris terkait pemanggilan oleh penyidik supaya meminta keterangan notaris soal akta yang dibuatnya tersebut.

"Jadi MPD memberikan rekomendasi kepada penyidik apabila seorang notaris dilakukan penyidikan, diuji dulu di MPD. Tapi kalau dihapus ya ini jadi persoalan, karena penyidik tidak perlu lagi rekomendasi majelis," ujarnya.

Dilema Senada dengan itu Firdhonal, anggota Ikatan Notaris Indonesia menyatakan keputusan majelis hakim MK yang menghapuskan pasal 66 UU Jabatan Notaris membuat dilema para profesi notaris.

"Kami menghormati keputusan MK, tapi keprihatinan kita dengan dihapuskan pasal 66 itu akan berdampak luas," katanya.

Menurut dia, kebimbangan yang dikhawatirkan oleh para profesi notaris salah satunya sanksi terhadap sumpah jabatan notaris dan notaris wajib merahasiakan segala sesuatu mengenai akta yang dibuatnya dan segala keterangan yang diperoleh guna pembuatan akta sesuai sumpah jabatan, kecuali UU menentukan lain.

"Kalau kita melanggar sumpah jabatan itu dikenakan sanksi pasal 84 yakni bisa dituntut notaris tersebut oleh klien pembuat akta. Nah dengan adanya MPD itu nanti akan diseleksi (diuji) sebelum memberikan keterangan ke penyidik," katanya.

Untuk itu, pihaknya akan mengajukan keberatan agar ada pertimbangan oleh majelis hakim Mahkamah Konstitusi meskipun memang putusan MK merupakan keputusan final dan mengikat.

"Tapi kita juga masih ada upaya keberatan dan kita harap dengan ada persoalan ini direvisi UUJN diperhalus bahasanya, jangan sampai notaris kebal hukum kesannya," kata Firdhonal.

Sementara itu, Ketua INI Adrian Djuani meminta kepada para notaris di seluruh tanah air agar tetap tenang tidak perlu memikirkan keputusan Mahkamah Konstitusi tersebut.

"Ini bukan merupakan kiamat. Para notaris tetap tenang, kerja seperti biasa, apabila kita kerja sesuai rambu semoga tidak ada persoalan," katanya.

Namun demikian, lanjutnya, jika dalam langkah kerja ada masalah, maka notaris masih punya hak ingkar tersebut sehingga pihaknya meminta putusan MK tersebut diambil hikmahnya supaya kerja tertib, jujur dan baik. (ant)

(redaksi@wartaekonomi.com)

Foto: Sufri Y.

Penulis/Editor: Sucipto

Kabar EkBis

09 Februari 2016 - Otomotif

Harley Davidson Cari "Dealer" Baru

09 Februari 2016 - Ekonomi Bisnis

JK Kumpulkan Menteri Bahas Kemitraan Trans Pasifik

09 Februari 2016 - Perikanan

Arus Laut Kencang Harga Ikan Gorontalo Tinggi

09 Februari 2016 - Agrikultur

Populasi Sapi Potong Langkat 168.873 Ekor

Executive Brief

Tainan - Pengembang property Taiwan yang membangun komplek apartemen yang hancur pada peristiwa gempa bumi, ditahan pada Selasa (9/2).

General Motors Co said Tuesday (9/2) it is recalling 473,000 pickups and SUVs in North America because brake pedals could fail due to a faulty nut.

New York - US$ melemah pada Selasa (9/2) saat para invesotr menunggu keputusan The Fed yang kemungkinan akan menaikan suku bunga patokan.

London - Angelo Ogbonna mencetak di extra time saat West Ham mengalahkan Liverpool 2-1 pada pertandingan ulangan ronde ke-4 FA Cup.

Washington - Obama minta bujet yang lebih besar untuk menghadapi ancaman via Internet (cyber).

Deutsche Bank AG akan melakukan buy back miliaran Euro bond untuk menmbalikan kejatuhan harga securities-nya.

Amazon.com secara agresif terus memperluas operasi logistiknya di China, sebagai strategi untuk menekan biaya pengiriman.

Korea Utara - Intelejen AS memperkirakan Korut sudah menjalankan kembali reaktor plutonium yang bisa membuat bom nuklir.

Paris - Jumlah pengunjung Disneyland Paris turun 8% sejak Paris Attck pada November 2015 lalu.

Beijing - China mengkonfirmasi kasus Zika pertama pada Selasa (9/2).

New York - Saham-saham AS pada penutupan Selasa (9/2):

- Dow Jones turun  12.67 poin (0.08%) menjadi 16,014.38. 

- S&P 500 turun  1.23 poin (0.07%) menjadi 1,852.21, 

- Nasdaq Composite Index turun 14.99 poin (0.35%) menjadi 4,268.76.

World Government Summit - Presiden Obama mengharapkan dunia Arab bisa membuat pemerintahan yang sama dengan dunia lainnya (inklusif).

Bursa -  BEI bakal undang 15 emiten besar yang nilai sahamnya belum menunjukkan up trend pasca anjlok sejak pertengahan tahun lalu.

Bursa - PT SMF dan PT Indomobil Finance tengah tawarkan surat utang korporasi dengan total target Rp1,5 triliun.

Asuransi - Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia bentuk panel untuk selesaikan migrasi agen dalam jumlah besar yang terjadi di industri.

Asuransi - PT Askrindo targetkan perolehan laba bersih senilai Rp1,3 triliun sepanjang 2016 dengan ditopang sejumlah lini bisnis andalan.

Pembiayaan - PT Mega Central Finance targetkan pembiayaan Rp9 triliun pada tahun ini.

Asuransi - Asuransi Jiwa Bumiputera 1912 targetkan menambah agen hingga 300% hingga triwulan II 2016 untuk percepat pertumbuhan bisnis.

Jakarta - SBY sebut ada orang Istana yang tak suka dikritiik sampai mengirim pesan kepadanya.

Bank - BRI berharap dapat raih pendapatan berbasis komisi atau fee based income senilai Rp11 trliun tahun ini.

Bank - Bank Mandiri targetkan KPR perseroan dapat bertumbuh hingga 5% - 6% tahun 2016.

Sapi - Mentan Amran Sulaiman pastikan kapal ternak KM Camara Nusantara I akan rutin membawa 1000 ekor sapi setiap bulan dari NTT ke Jakarta.

BBM - Kementerian ESDM kaji usulan penghapusan BBM Premium di Jakarta seperti yang diwacanakan Ahok.

Kereta cepat - Kementerian BUMN tegaskan seharusnya konsesi kereta cepat Jakarta-Bandung dimulai saat suatu proyek layak operasi.

Kereta cepat - Penurunan konsesi KA Jakarta-Bandung picu penurunan minat investor.

Energi - Pemerintah akan obral insentif bagi para investor dalam pembangunan kilang di Bontang, Kaltim.

PHK - Kemenaker catat telah terjadi PHK terhadap 1.377 orang selama Januari 2016.

DPR - DPR: DPD tidak bisa sekonyong-konyong dihilangkan.

Jadwal Pertandingan FA Cup Inggris (11/2)

02:45 Peterborough United vs West Bromwich Albion

Jakarta - Pemprov DKI Jakarta menolak pengajuan izin 15 Ormas yang mendaftar lewat Kesbangpol DKI pada Januari lalu.

CPNS - Kemenpan-RB catat 30.000 peserta tes CPNS tak memenuhi kriteria atau bodong.

Investasi - BKPM bakal meluncurkan layanan  kemudahan investasi untuk sektor konstruksi bangunan atau pabrik.

Minyak - Pertamina EP nyatakan kebakaran sumur di Jatibarang Indramayu tidak membuat produksi minyak dan gas mengalami penurunan.

Investasi - BKPM ungkapkan gelombang PHK yang terjadi di perusahaan-perusahaan Tanah Air tak buat investasi melorot.

Jadwal Pertandingan Copa del Rey Spanyol (11/2)

03:00 Valencia vs Barcelona

BPS: Pertumbuhan ekonomi 2015 sebesar 4,79% merupakan yang terendah dalam 6 tahun terakhir.

Taiwan - Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) membuka hotline untuk korban gempa Taiwan +886978938872

Entertainment

08 Februari 2016 - Olahraga

Arsenal Kembali Raih Poin Penuh

08 Februari 2016 - Olahraga

Hasil Pertandingan Liga Spanyol

08 Februari 2016 - Olahraga

Hasil Pertandingan Liga Italia