Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BEI Catat 20 Perusahaan Yang Di Delisting Selama Periode 2009-2013

Warta Ekonomi -

WE.CO.ID - Otoritas Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat dalam lima tahun terakhir telah melakukan penghapusan saham kepada 20 perusahaan yang terdaftar di BEI.

"Kami tidak segan-segan mendelisting, jika perusahaan tersebut tidak lagi memenuhi persyaratan. Hingga lima tahun terakhir, bursa sudah mendelisting 20 saham perusahaan tercatat," ungkap Direktur Utama BEI, Ito Warsito, dalam acara CEO Networking Meeting 2013, di Nusa Dua, Bali (4/11/2013).

Hal tersebut berdasarkan Peraturan Bursa Nomor I-I tentang Penghapusahan Pencatatan (Delisting) dan Pencatatan Kembali (Relisting) Saham di Bursa Ketentuan III.3.I.I yang menyebutkan bahwa pihak Bursa Efek Indonesia akan menghapus pencatatan saham Perusahaan Tercatat apabila Perusahaan Tercatat mengalami sekurang-kurangnya satu kondisi, atau peristiwa, yang secara signifikan berpengaruh negatif terhadap kelangsungan usaha perusahaan tercatat sebagai perusahaan terbuka, dan perusahaan tercatat tidak dapat menunjukan indikasi pemulihan yang memadai.

Lebih lanjut Ito menjelaskan bahwa, BEI terus melakukan pengawasan kepada para  perusahaan tercatat, sehingga jikaterjadi pelanggaran pihak BEI akan mengirimkan surat teguran untuk meminta penjelasan dari perusahaan tersebut. Namun berbeda ketika suatu perusahaan sudah dalam kondisi pailit serta telah lama disuspen (penghentian perdagangan sementara), maka pihak BEI akan mendelisting saham perusahaan tersebut.

Terdapat tujuh perusahaan yang telah di delisting pada tahun 2009 antara lain, PT Singer Indonesia Tbk (SING), PT Courts Indonesia Tbk (MACO), PT Jasa Angkasa Semesta Tbk (JASS), PT Sara Lee Body Care Indonesia Tbk (PROD), PT Tunas Alfin Tbk (TALF), PT Bukaka Teknik Utama Tbk (BUKK), PT Sekar Bumi Tbk (SKBM)

Pada 2010 BEI tercatat tidak melakukan delisting, namun pada periode 2011-2013 terdapat 13 perusahaan yang kembali di delising yakni, PT New Century Development Tbk (PTRA), PT Aqua Golden Mississippi Tbk (AQUA), PT Dynaplast Tbk (DYNA), PT Anta Express Tour and Travel Sevice Tbk (ANTA), PT Alfa Retailindo Tbk (ALFA), PT Katarina Utama Tbk (RINA), PT Suryainti Permata Tbk (SIIP), PT surya Intrindo Makmur Tbk (SIMM), PT Surabaya Agung Industri Pulp dan Kertas Tbk (SAIP), PT Indo Setu Bara Resaources Tbk (CPDW), PT Amsteloco Indonesia Tbk (INCF), PT Panasia Filamen Inti Tbk (PAFI) dan yang terakhir PT Panca Wirasakti Tbk (PWSI).

(Annisa Nurfitriani)

Foto : SY

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Muhamad Ihsan

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: