Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Survei: Jakarta Kota Berstandar Hidup Mahal

Warta Ekonomi -

WE Online - Ipsos Business Consulting Indonesia dalam surveinya menyebutkan Jakarta sebagai kota berstandar hidup mahal dibandingkan dengan kota-kota lain di dunia.

"Survei pada minggu terakhir Februari 2014 menyimpulkan secara umum Jakarta tergolong kota dengan standar hidup yang mahal, bahkan cenderung lebih mahal dari Bangkok, Hong Kong dan New York, berbanding relatif dengan gaji rata-rata masyarakat Indonesia," kata Domy Halim selaku Country Manager Ipsos Business Consulting Indonesia di Jakarta, Rabu.

Survei Ipsos mendapati harga secangkir Hot Cappucino Grande Starbucks di Jakarta 2.88 dolar AS (Rp34.000), lebih murah hampir separuhnya dari harga di HongKong (4.38 dolar AS). Akan tetapi, secangkir kopi di Jakarta menghabiskan 1.12 persen gaji rata-rata penduduk Indonesia sedangkan di Hong Kong hanya menghabiskan 0.28 persen dari gaji rata-rata mereka (gaji rata-rata masyarakat Indonesia: 258 dolar AS sedangkan gaji rata-rata masyarakat Hong Kong: 1545 dolar AS).

Dengan demikian, setelah memperhitungkan faktor gaji, harga secangkir kopi di Jakarta relative lebih mahal 75 persen dari pada harga secangkir kopi di Hong Kong. Dengan pendekatan yang sama, ketika dibandingkan dengan ibukota negara tetangga yakni Bangkok, harga kopi di Jakarta lebih mahal 35 persen (gaji rata-rata masyarakat Thailand: 489 dolar AS).

Begitu pula dengan harga tiket bioskop standar pada malam Minggu di Jakarta berkisar 4.24 dolar AS (Rp50,000) sedangkan di New York harganya bisa mencapai 14.50 dolar AS. Namun posisi ini akan berbalik ketika mempertimbangkan faktor gaji rata-rata kota yang bersangkutan di mana gaji rata-rata masyarakat AS adalah 3263 dolar AS. Menonton bioskop di New York akan tampak 73 persen lebih murah daripada menonton bioskop di Jakarta.

Lain halnya dengan fasilitas internet broadband. Harga fasilitas ini di Jakarta jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga di kota-kota lain. Paket internet broadband terbaik di Jakarta memiliki kapasitas kecepatan download 100 Mbps dengan harga 252.46 dolar AS (Rp2,979,000) sedangkan di HongKong dengan kemampuan 10 kali lipat lebih cepat (1000 Mbps), harga nya 3 kali lipat lebih murah 77.06 dolar AS.

Standar hidup yang mahal di Jakarta bukan hanya terlihat dari produk-produk yang disebutkan di atas. Untuk mengkonsumsi produk-produk lain seperti harga 1 malam menginap di hotel Four Seasons, ayam goreng KFC, kemeja Zara Women, smart phone Samsung S4 atau harga 1 tahun gym membership, penghasilan masyarakat Jakarta relatif lebih kecil dibandingkan dengan penduduk di kota-kota besar di negara lain (HongKong, New York, London atau Sydney).

"Namun perlu diingat bahwa produk-produk diatas pada umumnya dikonsumsi oleh masyarakat golongan menengah ke atas. Faktor tingkat sosial seseorang akan mempengaruhi persepsi tingkat mahal atau murahnya suatu produk? kata Domy Halim.

Domy mengatakan, survei bertujuan melihat standar hidup masyarakat Jakarta dibandingkan dengan kota-kota besar lain dari beragam benua seperti kota Hong Kong, New York, London, Bangkok, Shanghai, Mumbai, Tokyo, Paris dan Sydney.

Metode yang digunakan untuk perbandingan standar hidup masyarakat kota Jakarta dengan kota-kota lain tersebut adalah dengan membandingkan harga dari produk-produk konsumtif yang cenderung menjadi kebutuhan dan keinginan masyarakat masa kini.

Produk-produk tersebut mulai dari harga secangkir kopi, tiket bioskop, handphone, ayam KFC, baju Zara, gym membership, penginapan di hotel sampai harga berlangganan internet.

Agar mendapatkan hasil perbandingan yang akurat maka kami melakukan perbandingan harga dari setiap kota pada tanggal yang sama (21 Februari 2014) dan kami pun telah memberikan spesikasi yang jelas untuk setiap produk-produk tersebut.

Setelah mengkonsolidasikan harga setiap kota dari produk-produk tersebut, kemudian mengkonversikan harga produk-produk tersebut ke satu nilai mata uang Amerika (dolar AS) mengacu pada nilai tukar mata uang dari FX-rate pada tanggal survey diadakan yakni tanggal 21 Februari 2014.

Kemudian, gaji rata-rata dari setiap negara di kota-kota metropolitan yang bersangkutan diperbandingkan langsung dengan harga dari produk-produk tersebut.

Didirikan di Perancis pada tahun 1975, Ipsos merupakan perusahaan riset pasar independen yang dikendalikan dan dikelola para peneliti profesional. Dengan akuisisi yang dilakukan dengan Synovate pada bulan Oktober 2011, Ipsos terbentuk menjadi perusahaan riset pasar ketiga terbesar di dunia.

Keberadaan Ipsos yang tersebar di 84 negara , Ipsos memiliki sumber daya untuk melakukan marketing intelijen dan riset pasar di manapun bisnis klien kami di dunia.

Tim ahli kami memberikan klien solusi bisnis (kualitatif , peramalan , pemodelan , pengetahuan pasar dan wawasan konsumen) dengan nilai tambah yang tinggi karena Ipsos tidak hanya menjangkau pasar lokal tetapi juga bekerja dalam skala pasar global, kata Domy. (Ant)

Foto : SY

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor:

Advertisement

Bagikan Artikel: