Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

PLN Sanggau Kembangkan Modul Pembangkitan Jarak Jauh

Warta Ekonomi -

WE Online, Pontianak - Teknisi di Bengkel Kerja Kantuk PLN Area Sanggau kini melengkapi peralatan untuk mesin pembangkit berupa modul khusus yang memungkinkan menghidupkan dan mematikan dari jarak jauh.

"Dengan penambahan modul, dapat memudahkan untuk mengontrol kondisi mesin," kata salah seorang teknisi di Bengkel Kerja Kantuk Edy Yulianto saat dihubungi di Pontianak, Jumat (11/7/2014).

Modul Datakom D500 yang dipasang di voltage panel protection membuat mesin pembangkit dapat diaktifkan dari jarak jauh. Edy Yulianto tidak sendiri. Ia pun bersama rekan-rekannya di bengkel kerja, yakni Anwar, Martinus, Aloysius, dan Heru, melakukan simulasi cara kerja mesin listrik berbasis android.

Ia melanjutkan keadaan atau kondisi mesin di beberapa unit di PLN Area Sanggau perlu ditingkatkan proteksinya agar bisa mencegah kerusakan mesin yang lebih parah. Fitur di modul Datakom D500 memungkinkan penggunanya memantau parameter generator, beban, arus, tekanan pelumas, sekaligus analisa terjadi gangguan.

Selain itu, untuk mengantisipasi gangguan yang terjadi Datakom D500 ini bisa menyampaikannya melalui pesan layanan singkat.

"Sebelum terjadi gangguan maka dapat dilihat apa saja gangguan yang dihadapi mesin melalui pesan layanan singkat," kata dia.

Ia menambahkan kini cara tersebut sudah diterapkan di Suak Payung Sekadau sebanyak tiga unit mesin pembangkit. Kemudian di Belitang (Sekadau) dua unit, Senaning (Sintang) satu unit, Sayan (Nanga Pinoh) dua unit, dan Kuala Buayan (Sanggau) satu unit. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: