Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BRI Cari Pinjaman Valas ke Bank Asing

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk sedang mencari pinjaman valas kepada enam bank asing sebesar 350-400 juta dolar AS untuk melunasi utang jatuh tempo bank plat merah tersebut sekitar 300 juta dolar AS.

"Untuk funding USD (dolar AS), kami punya rencana ambil dari beberapa bank. Untuk reprofiling dari pinjaman, saat ini kan ada yang jatuh tempo. Jadi, ambil pinjaman untuk lunasi itu," kata Direktur Keuangan Ahmad Baiquni saat paparan kinerja di Jakarta, Selasa (23/7/2014).

Enam bank yang disebut-sebut akan mengucurkan pinjaman valas kepada BRI yakni ANZ, BNP Paribas, Commerzbank, DBS, HSBC, dan UOB dengan tenor tiga tahun. Terkait imbauan untuk melakukan lindung nilai (hedging) valas sendiri, perseroan telah melakukan natural hedging valas. Sedangkan, untuk pinjaman yang diperoleh dalam bentuk valas selain untuk refinancing, utang valas juga disalurkan bagi nasabah-nasabah yang memerlukan valas.

"Pinjaman dolar disalurkan ke kredit yang dolar natural hedging. Pilih-pilih juga yang debitur income dalam dolar. Kami tidak berikan dolar ke perusahaan yang revenue rupiah. Kita pinjam dolar kemudian kita salurkan ke dolar. Itukan sudah hedging," kata Baiquni.

Utang jatuh tempo BRI sendiri berasal dari obligasi subdebt berdenominasi rupiah. Namun, pinjaman valas itu akan digunakan untuk refinancing utang-utang berdenominasi dolar AS. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: