Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Rencana Pembelian Tembakau Oleh Pihak Pabrikan Meningkat

Warta Ekonomi -

WE Online, Pamekasan - Rencana pembelian tembakau oleh pihak pabrikan (industri rokok) pada musim panen tembakau tahun ini meningkat dibanding tahun sebelumnya, kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pamekasan, Jawa Timur, Bambang Edy Soeprapto, Sabtu (9/8/2014).

"Tahun ini pihak pabrikan di Pamekasan berencana membeli tembakau Pamekasan sebanyak 24.079 ton, sesuai dengan informasi yang disampaikan pihak pabrikan ke Pemkab," katanya.

Pada musim panen tembakau tahun lalu, rencana pembelian tembakau oleh pihak pabrikan di Pamekasan hanya sebanyak 22.779 ton.

Akan tetapi dari rencana yang ditetapkan itu, serapan pembelian tembakau kala itu hanya sekitar 5 ribu ton. "Itu terjadi karena cuaca saat itu tidak bersahabat, sehingga hasil produksi tembakau petani juga sedikit," katanya.

Bambang memperkirakan, untuk tahun ini, serapan pembelian akan meningkat, mengingat, cuaca sangat bagus dan tidak sering turun hujan sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.

Sementara, terkait pembukaan dan penutupan gudang, menurut Bambang, pihaknya masih akan berkoordinasi lebih lanjut dengan pihak pabrikan, mengingat, sampai saat ini belum ada satupun pihak pabrikan di Pamekasan yang menyampaikan pemberitahuan.

Sesuai dengan ketentuan, pihak pabrikan harus menyampaikan pengumuman minimal dua hari sebelum melakukan pembelian, dan demikian juga apabila hendak melakukan penutupan.

Luas areal tanam tembakau di Kabupaten Pamekasan, pada musim tanam kali ini seluas 32.205 hektare, tersebar di 13 kecamatan di Kabupaten Pamekasan. Luas areal lahan itu meliputi lahan tegal, perbukitan dan dan lahan persawahan.

Untuk lahan perbukitan atau pegunungan proyeksi luas areal lahan tembakau Pamekasan diperkirakan mencapai 5.734 haktare, tersebar di tujuh kecamatan yakni Kecamatan Kadur seluas 794 hektare, Palengaan 1.077 hektare, Pakong 224 hektare, Waru 1.062 hektare, Batumarmar 896 hektare dan wilayah Kecamatan Pasean seluas 1.070 hektare.

Sedangkan luas lahan tembakau tegal mencapai 15.922 hektare, tersebar di 13 kecamatan di Pamekasan dan untuk lahan persawahan mencapai 10.549 hektare. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: