Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BI Jaring Wirausahawan Baru di Jawa Tengah

Warta Ekonomi -

WE Online, Semarang - Bank Indonesia (BI) terus mencetak wirausahawan baru melalui pelatihan yang diberikan kepada sejumlah perguruan tinggi di Jawa Tengah.

"Penjaringan wirausahawan baru oleh Bank Indonesia yang sudah dimulai sejak tiga tahun lalu sampai saat ini terus mengalami perkembangan jumlah anggota. Bahkan, pada kurun waktu satu tahun terakhir ini jumlahnya meningkat pesat," ujar Koordinator Wirausaha Bank Indonesia Budi Santoso di Semarang, Kamis (21/8/2014).

Menurutnya, sejauh ini ada 16 mahasiswa yang berhasil memenangkan kompetisi wirausahawan baru. Untuk meningkatkan jumlah wirausahawan baru, mereka sering menjadi mentor dan pembicara di kalangan mahasiswa.

"Mereka menjadi mentor dan pembicara tidak hanya di kampus sendiri, tetapi juga perguruan tinggi lain. Harapannya mereka dapat menularkan motivasi usaha agar ditiru mahasiswa lain," ujarnya.

Budi mengatakan bahwa hingga saat ini wirausahawan baru dengan masing-masing jenis produk yang dihasilkan sudah mengikuti berbagai macam pameran.

"Kami juga sering melakukan bazar, ternyata antusiasme para pembeli sangat luar biasa. Bahkan, produk kami ditunggu oleh mereka," jelasnya.

Beberapa hasil produksi yang dibuat oleh para wirausahawan tersebut di antaranya kuliner, fesyen, berbagai macam kerajinan dari kertas daur ulang, dan peternakan. Mengenai peluang ekspor, Budi mengungkapkan bahwa saat ini belum menuju ke pasar tersebut, tetapi tidak menutup kemungkinan ke depan akan mencoba peluang pasar luar negeri.

"Saat ini kami masih terus memenuhi permintaan lokal. Tidak hanya di sekitar Jawa Tengah, tetapi sudah sampai ke luar Jawa," katanya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: