Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menko Perekonomian Dukung Pertumbuhan Industri Mebel Indonesia

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian akan mendukung sepenuhnya pertumbuhan industri mebel di seluruh Tanah Air dalam memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi dan ketersediaan lapangan kerja.

"Kami akan melakukan harmonisasi dan sinkronisasi peraturan antar-kementerian teknis untuk mendukung pertumbuhan industri mebel," kata Deputi Menko Bidang Perniagaan dan Kewirausahaan Edy Putra Irawady di Jakarta, Rabu (17/9/2014).

Ia menjelaskan adanya harmonisasi dan sinkronisasi dengan berbagai kementerian teknis seperti Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Kehutanan, Kementerian Koperasi dan UKM, serta kementerian lainnya akan mampu mempercepat pertumbuhan industri mebel. Menurut dia, salah satu persoalan yang sering muncul terhadap industri mebel adalah terkait bahan baku seperti kayu.

"Kita akui negara kita bahan baku berupa kayu dan rotan berlimpah, namun di daerah tertentu yang tidak memiliki bahan baku terganjal di perlintasan yang dapat membuat perajin lesu" katanya.

Ia mengatakan bahwa dari regulasi yang ada juga membuat banyak bahan baku impor seperti rotan dari Tiongkok dan Filipina masuk ke Indonesia.

"Kami menyambut baik terhadap tekad Asmindo untuk meningkatkan perrtumbuhan industri mebel Indonesia," katanya.

Pihaknya berharap kementerian lainna dan juga pemerintah provinsi serta kabupaten kota dapat ikut serta mendukung pertumbuhan industri mebel.

Pada tahun 2013 industri mebel yang memiliki empat juta orang tenaga kerja berkontribusi terhadap devisa negara dari ekspor sebesar 1,779 miliar dolar AS. Asmindo yang menaungi 2.000 perusahaan produsen mebel di Indonesia itu menargetkan nilai ekspor pada tahun 2015 mencapai 5 miliar dolar AS dari target tahun sebelumnya 2 miliar dolar AS. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: