Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menkeu: Gejolak Politik Hanya Berdampak Jangka Pendek Terhadap Perekonomian

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Menteri Keuangan Chatib Basri memastikan kegaduhan politik yang terjadi pada beberapa hari belakangan ini tidak akan berdampak panjang terhadap perekonomian nasional.

"Bahwa dampak dari politik lebih bersifat short term atau jangka pendek," kata Menkeu seusai melakukan rapat Forum Koordinasi Stabilitas Sistem Keuangan (FKSSK) di Jakarta, Senin (6/10/2014).

Lebih lanjut, Chatib mengatakan risiko politik tersebut memang merupakan salah satu faktor yang menyebabkan pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS dan lesunya perdagangan saham di pasar finansial, namun itu bukan merupakan hal yang utama.

Menurut dia, faktor eksternal karena membaiknya perekonomian di AS lebih berperan terhadap gejolak regional, termasuk di Indonesia dan situasi tersebut ikut terjadi di negara-negara berkembang ekonomi lainnya seperti Brasil, Turki, dan India.

"Ini faktor dari eksternalnya lebih besar. Kami tidak menutup mata bahwa tentu ada sentimen domestik, tapi itu short term," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: