Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ahok: Penghematan Anggaran Rapat Bukan Berarti Tidak Ada Kue dan Teh

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyetujui arahan Presiden Joko Widodo yang mengatakan perlunya gubernur melakukan penghematan anggaran hingga 30 persen.

Pria yang akrab disapa Ahok itu mengaku akan melakukan pemotongan anggaran pada pos-pos yang tidak diperlukan. Salah satunya pemotongan honor rapat PNS. Upaya ini, menurut Ahok, dapat menghemat anggaran hingga Rp 2,3 triliun. Meskipun demikian, Ahok meyakinkan bahwa dengan rencana penghematan ini tidak berarti nantinya akan ada pemotongan anggaran untuk penyediaan makanan dan minuman di setiap rapat.

"Bukan potong (anggaran) tidak ada kue dan teh. Gua juga laper kali kalau tidak ada kue," kata Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (26/11/2014).

Menurut Ahok, rapat Pemprov DKI ke depan harus menggunakan anggaran yang wajar. Tidak lantas mengada-ada dan meminta anggaran yang dilebih-lebihkan.

"Bukan potong (anggaran). Maksudnya, harus lihat yang sewajarnya. Selama ini curiga, misalnya ada acara, bilangnya 500 orang, kuenya siapkan 500, yang datang cuma 100-200 orang. Jangan-jangan si panitia juga tahu yang datang 100-200 orang. Cuma keluarnya 200, yang 300 jadi cash. Sekarang kita awasi nih," imbuh Ahok.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengumpulkan gubernur se-Indonesia di Istana Bogor. Dalam acara tersebut Jokowi memberikan arahan kepada seluruh gubernur untuk menghemat dan melakukan pemotongan anggaran yang tidak diperlukan.

Salah satu pos anggaran yang akan dihemat adalah biaya perjalanan dinas dan rapat-rapat. Hal itu disampaikan Jokowi dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 Tahun 2014 tentang Langkah-langkah Penghematan Anggaran.

"Anggaran perjalanan dinas itu dan rapat-rapat yang sampai Rp 41 triliun. Saya perintahkan potong untuk Rp 25 triliun," ujar Jokowi.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ferry Hidayat
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: