Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menteri Susi Ancam Tenggelamkan Kapal Ikan Illegal

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan pihaknya akan menenggelamkan kapal yang melakukan aksi illegal fishing.

"Kita boleh tenggelamkan kapal yang melakukan illegal fishing. Kita punya undang-undang (untuk melegalkan rencana tersebut)," kata Menteri Susi dalam kegiatan Chief Editors Meeting di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta, Senin (1/12/2014).

Ia mengatakan bahwa selama ini Indonesia mengalami kerugian karena banyak pencurian ikan terjadi. Ia menambahkan ada sebanyak 5.000-7.000 kapal ilegal beroperasi di perairan Indonesia. "Kita berhak tenggelamkan (kapal pencuri ikan illegal). Tinggal lapor Menko Maritim lalu tenggelamkan," tegasnya.

Menteri Susi menjelaskan bahwa putusan ini ia ambil demi memberi efek jera pada pihak-pihak yang melakukan aksi illegal fishing tersebutApalagi, banyak di antara pelaku illegal fishing adalah warga asing.

"ABK illegal fishing banyak masalah juga. Ada yang tidak punya passport. Ada juga yang tidak diakui kewarganegaraannya. Jadi, kita harus kompak antarkementerian. Penenggelaman memberi efek jera kepada mereka," jelasnya.

Sebelumnya, hingga bulan November 2014 Kementerian Kelautan dan Perikanan bersama tim gabungan lintas sektor tercatat berhasil untuk menangkap 35 kapal ikan yang melakukan pencurian ikan di perairan Indonesia. Kapal yang tertangkap tersebut berasal dari berbagai negara seperti Thailand dan Vietnam.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Muhamad Ihsan
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: