Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BPS Catat Penerbangan di Sulteng Meningkat Tipis

Warta Ekonomi -

WE Online, Palu - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat frekuensi penerbangan pesawat terbang di bandar udara (bandara) di Sulawesi Tengah selama 2014 meningkat 2,91 persen dibandinkan periode 2013.

Kepala BPS Provinsi Sulawesi Tengah JB Priyono di Palu, Selasa, menyebutkan selama 2013 terdapat pesawat terbang yang datang di bandara sebanyak 12.234 kali, sedangkan pada periode 2014 terdapat aktivitas sebanyak 12.579 kali di lima bandara yang ada di provinsi ini. Sementara itu, jumlah penumpang pesawat terbang di Sulawesi Tengah selama 2014 sebanyak 1.246.637 orang atau meningkat 2,3 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang sebanyak 1.219.013 penumpang.

Penumpang tersebut merupakan warga yang datang, berangkat atau transit di lima bandara yang ada di Sulawesi Tengah yang melayani penerbangan komersial, yakni Mutiara SIS Al Jufri (Kota Palu), Syukuran Amiruddin Amir (Kabupaten Banggai), Kasiguncu (Kabupaten Poso), Sultan Bantilan (Kabupaten Tolitoli), dan Pogogul (Kabupaten Buol).

Bandara Mutiara SIS Al Jufri di Kota Palu adalah pelabuhan udara yang memiliki frekuensi penerbangan terbanyak mengingat lokasinya berada di Ibu Kota Sulawesi Tengah, dan menjadi pintu masuk utama ke provinsi ini. Di bandara terbesar di Sulawesi Tengah itu rata-rata setiap bulannya terdapat pesawat terbang yang berangkat dan datang sebanyak 745 penerbangan pesawat dari sejumlah maskapai.

Saat ini Bandara Tanjung Api di Kabupaten Tojo Una-Una juga sedang dalam proses penyelesaian agar bisa beroperasi pada bulan depan. Bupati Tojo Una-Una Damsik Ladjalani mengatakan keberadaan bandara tersebut untuk mendukung peningkatan kunjungan wisata ke daerahnya serta mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan pembangunan. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: